Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengenalan Batik "Indonesiaku" Melalui Permainan Berbasis Android

  • Michael Cornelius Andika Program Studi Teknik Informatika, Institut Informatika Indonesia
  • Raymond Sutjiadi Program Studi Teknik Informatika, Institut Informatika Indonesia
  • Edwin Meinardi Trianto Program Studi Teknik Informatika, Institut Informatika Indonesia
Keywords: game, Android, Batik, Indonesiaku, Adobe Flash Builder

Abstract

Game atau yang biasa disebut permainan merupakan aktivitas terstruktur yang biasanya bertujuan untuk menghibur. Seiring berkembangnya zaman tidak dapat dipungkiri bahwa game terus berkembang pesat. Game itu sendiri telah dipergunakan untuk berbagai macam jenis keperluan, termasuk pendidikan. Jenis konsol yang digunakan juga bervariasi. Di sini penulis mencoba mengembangkan suatu permainan bertema pengenalan budaya batik berjudul "Indonesiaku" dengan tujuan mengenalkan budaya batik di Indonesia yang merupakan warisan budaya bangsa. Permainan ini berbasis Android dan dikembangkan dengan framework Starling serta aplikasi Adobe Flash Builder. Pembuatan batik dalam permainan ini memiliki 4 tahap yaitu nglowong, nembok, medeli, dan nglorod. Tahap tahap tersebut digunakan sebagai simulasi saat membuat batik tulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Gratha, B. (2012). Panduan Mudah Belajar Membatik. Jakarta: Demedia Pustaka.

[2] Safaat H, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Edisi
Revisi, Bandung: Informatika.

[3] Mala, D. J., (2013). Object Oriented Analysis and Design Using UML. USA: Tata McGraw Hill Education.
Published
2016-03-09
How to Cite
Andika, M. C., Sutjiadi, R., & Trianto, E. M. (2016). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengenalan Batik "Indonesiaku" Melalui Permainan Berbasis Android. Teknika, 5(1), 32-37. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.49
Section
Articles