Pengembangan Sistem Informasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT ABC Menggunakan Metode Scrum

  • M. Ihsan Alfani Putera Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur
  • M. Fuad Wiyono Putra Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur
  • M. Gilvy Langgawan Putra Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur
Keywords: Scrum, Sistem Informasi, Website

Abstract

PT ABC adalah salah satu perusahaan bergerak di bidang pengolahan minyak bumi. Perusahaan ini memiliki laporan berupa penerimaan dan pengeluaran arus kas yang harus dipantau setiap minggu. PT ABC membuat laporan total penerimaan dan pengeluaran kas setiap bulan, untuk memantau total penerimaan dan pengeluaran saldo kas. Sementara ini laporan dicatat dengan cara manual menggunakan media kertas, terdapat masalah dalam pencatatan laporan kas ini yaitu saat dilakukan pencatatan perhitungan total saldo penerimaan dan pengeluaran kas memungkinkan terjadinya salah perhitungan dalam menghitung total saldo kas. Hal ini menambah waktu pengerjaan dalam menghitung serta mencatat laporan menggunakan alat bantu tulis seperti pulpen dan kertas yang akan dibutuhkan setiap pembuatan laporan kas. Berdasar pada permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan sistem informasi laporan penerimaan dan pengeluaran kas berbasis website. Aplikasi yang dikembangkan dapat membantu mempercepat proses pembuatan, pencatatan, dan pencarian data informasi laporan kas. Metode yang dipakai dalam pengembangan sistem informasi ini adalah Agile Software Development Method berupa Scrum Model yang berisi tahapan sprint planning, daily Scrum, sprint review, dan sprint retrospective. Aplikasi ini dibuat dengan framework Bootstrap sebagai template desainnya serta terdapat 4 sprint dan 24 backlog items dalam pengembangannya. Pengembangan teknologi berupa sistem informasi berbasis website yang telah dibuat peneliti, diharapkan karyawan PT ABC dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam pengerjaan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Peranginangin, Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2006.

Pasir Petroleum Resources Limited, Pasir Petroleum Resources Limited Company Profile. Jakarta: PPRL, 2019.

O. S. Agustina, E. Haryani, and S. Suharyadi, “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Kas Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Spbe PT XYZ Salatiga),” Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, vol. 6, no. 1, pp. 31–45, 2021.

S. Hardani, “Pengembangan Sistem Informasi KPR Syariah Dengan Metode Scrum”, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 223-230, Feb. 2019.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2012.

N. Anna and A. E. Yusnita, Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Kantor Camat Pontianak Timur. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. VI, No. 2, pp. 110, 2018.

A. Nurmalasari and A. E. Yusnita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Kantor Camat Pontianak Timur,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 6, no. 2, 2018.

I. Sommerville, Software Engineering Ninth Edition. Boston: Addison-Wesley, 2011.

K. Schwaber and J. Sutherland, Panduan Definitif untuk Scrum: Aturan Main. Los Angeles: Creative Commons, 2017.

I. K. Suharsana, I. G. P. P. W. W. Wirawan, and N. L. A. K. Yuniastari S., “Implementasi Model View Controller Dengan Framework Codeigniter Pada E-Commerce Penjualan Kerajinan Bali”, Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 19-28, May 2017.

A. Saputra and F. Agustin, Membangun Sistem Aplikasi E-commerce dan SMS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

Published
2022-09-29
How to Cite
Putera, M. I. A., Putra, M. F. W., & Putra, M. G. L. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT ABC Menggunakan Metode Scrum. Teknika, 11(3), 157-162. https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.503