Chief Information Officer (CIO) dan Peranannya di Dalam Penyelarasan Strategi Bisnis dan Strategi Teknologi Informasi

  • Darmawan Setiya Budi Magister Teknik Informatika, STIMIK Amikom
  • Heri Abijono Magister Teknik Informatika, STIMIK Amikom
Keywords: chief information officer, CIO, strategi bisnis, strategi TI, keselarasan bisnis dan TI

Abstract

Sebuah penelitian memperkirakan belanja teknologi informasi di seluruh dunia sampai dengan akhir tahun 2016, diperkirakan mencapai USD 2,4 triliun dan akan mencapai USD 2,7 triliun pada tahun 2020. Sayangnya dengan belanja yang tersebut, investasi TI seringkali tidak memberikan manfaat sesuai yang diharapkan organisasi, karena investasi hanya fokus pada aspek teknologi dan kurangnya pemahaman bagaimana teknologi dapat mendukung organisasi, baik dari dari sisi strategis ataupun operasional. Untuk memastikan strategi TI dengan strategi bisnis dapat berjalan selaras, diperlukan pemimpin yang mampu dan memiliki kompetensi yang tepat untuk mengelola TI suatu entitas bisnis atau organisasi. Pemimpin ini harus memiliki kualifikasi di bidang manajerial dan teknologi. Figur pemimpin ini dikenal dengan Chief Information Officer (CIO).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] IDC. (2016). Worldwide IT Spending Forecast to Reach $2.7 Trilion in 2020 Led by Financial Services, Manufacturing, and Healthcare, According to IDC. The Worldwide Semiannual IT Spending Guide: Industry and Company Size.

[2] Ward, J. and Peppard, J. (2002) Strategic Planning for Information Systems, Third Edition. Canada: John Wiley
& Sons, Canada.

[3] Coertze, J and Solms, V.R. The Board and CIO: The IT Alignment Challengeā€. Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), DOI: 10.1109/HICSS.2014.545. 2014.

[4] Kappelman, L., McLean, McLean, E., Johnson, V., Gerhart, N. (2014). The 2014 SIM IT Key Issues and Trends Study. MIS Quarterly Executive (13:4).

[5] Luftman, J., Papp, R., Brier, T. (1999). Enablers and Inhibitors of Business-IT Alignment, Commun AIS, vol.
1, no. 3es.

[6] Luftman, J. (2004). Managing the Information Technology Resources. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

[7] Sprague and Barbara, C. M. N. (1993). Information Systems Management in Practice. New Jersey: Prentice-
Hall, Inc.

[8] Weiss, J.W. and Anderson Jr, D. (2003). CIO and IT Professionals as Change Agent, Risk and Stakeholder Manager: A Field Study. Proceedings of the 36th Annual Hawaii International Conference on System Sciences.

[9] Carter, M., Grover, V. and Bennett, R. (2011). The Emerging CIO Role of Business Technology Strategist, MIS Quarterly Executive (10:1), 2011, pp. 19-29.

[10] Weiss, J.W. and Anderson Jr, D. (2004). Aligning Technology and Business Strategy: Issues & Frameworks, A field study of 15 Companies. Proceedings of the 37thAnnual Hawaii International Conference on System Sciences, p. 10.
Published
2016-03-09
How to Cite
Budi, D. S., & Abijono, H. (2016). Chief Information Officer (CIO) dan Peranannya di Dalam Penyelarasan Strategi Bisnis dan Strategi Teknologi Informasi. Teknika, 5(1), 43-48. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.51
Section
Articles