Desain dan Implementasi Sistem Inventory Data Ikan CV Pesona Mandiri Berbasis Google Sheets dan Appsheets

  • Dyah Ayu Kusuma Wati Program Studi Sekretari, Politeknik Ubaya, Surabaya, Jawa Timur
  • Barnad Program Studi Sekretari, Politeknik Ubaya, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Data Inventory, Google AppSheets, Google Sheets, SDLC, UML

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah merambah seluruh aspek kehidupan, termasuk pekerjaan kantor. Pencatatan data yang selama ini dilakukan secara manual menggunakan kertas dan alat tulis dapat dengan mudah dialihkan menggunakan perangkat lunak yang tersedia secara gratis dan dapat dijalankan pada personal komputer maupun perangkat handphone. Proses alih media secara manual menjadi digital akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja, sehingga menambah keuntungan perusahaan. CV Pesona Mandiri memerlukan perangkat digital dalam melakukan pencatatan data inventory ikan, karena pencatatan secara manual harus dilakukan dalam dua tahap, yaitu mencatat dalam formulir, kemudian diinput ulang dalam komputer. Proses pencatatan data dilakukan di pelabuhan dan di ruang berpendingin tempat menyimpan ikan membuat formulir yang digunakan mudah rusak terkena air. Permasalahan lain adalah semakin lama formulir hasil pencatatan data ikan semakin banyak jumlahnya, karena dokumen tersebut disimpan untuk proses validasi data yang sudah dicatat dalam komputer. Membangun sistem inventori data ikan dilakukan dalam dua tahap yaitu desain sistem yang akan dibuat dan selanjutnya diimplementasikan agar menghasilkan program aplikasi untuk mencatat data ikan. Tahap membuat desain sistem menggunakan konsep Actifity Diagram Unified Modelling Language dan tahap implementasi sistem menggunakan konsep Software Development Life Cycle (SDLC). Perangkat lunak untuk mengimplementasikan sistem agar dihasilkan program aplikasi menggunakan Aplikasi Google Sheets untuk merekam data yang diinput dalam bentuk baris dan kolom serta Aplikasi Google Appsheets sebagai fasilitas membuat formulir untuk memasukan data. Metode yang digunakan untuk melakukan validasi terhadap sistem yang dibuat dengan melakukan pencatatan data secara langsung dan dibandingkan dengan kesesuaian data hasil proses pencatatan yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Barnad, “Paperless Office Sebuah Kebutuhan Kantor Masa Depan Di Indonesia,” Jurnal Bisnis Terapan, vol. 3, no. 01, pp. 73—84, 2019.

Moekijat, “Pengantar Sistem Informasi Manajemen.” Mandar Maju, Bandung, 2005.

R. McLeod and G. P. Schell, Sistem Informasi Manajemen, 10th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

V. Ilhadi and R. Arif, “Perancangan dan Penerapan Sistem Informasi dalam Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas,” SISFO: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 11—19, 2021.

Jogiyanto HM., “Sistem Informasi Berbasis Komputer: Konsep Dasar dan Komponen.” BPFE, Yogyakarta, 2009.

S. Hidayat and N. Nazwirman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Administrasi Maploeg,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, p. 50, 2019.

Azeharie Kikit, “Persediaan adalah: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis.” https://majoo.id/solusi/detail/persediaan-adalah, 2022.

Roger and Schroeder, “Pengambilan Keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Ketiga.” Erlangga, Jakarta, 2000.

IAI, “Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK),” Jakarta: Salemba Empat, no. 14, pp. 1—11, 2014.

M. Fariz, M. Khairulazman, and M. Faizol, “Penggunaan google sheet dan appsheet dalam proses membangunkan app pengiraan markah penilaian kerja kursus,” e-Proceedings Green Technol. Eng. 2020, pp. 88—97, 2020.

Husman and Husaini, “Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan.” PT Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

Siagian and Sondang, “Fungsi-fungsi Manajerial Edisi Revisi.” Bumi Aksara, Jakarta, 2007.

Published
2022-10-05
How to Cite
Wati, D. A. K., & Barnad. (2022). Desain dan Implementasi Sistem Inventory Data Ikan CV Pesona Mandiri Berbasis Google Sheets dan Appsheets. Teknika, 11(3), 163-169. https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.513