Perancangan dan Implementasi Aplikasi Reservasi Jasa Karunia Tour and Travel

Authors

  • Ridwan Setiawan Jurusan Ilmu Komputer, Institut Teknologi Garut, Garut, Jawa Barat http://orcid.org/0000-0002-5229-8561
  • Ade Sutedi Jurusan Ilmu Komputer, Institut Teknologi Garut, Garut, Jawa Barat
  • Sindi Mulyawati Jurusan Ilmu Komputer, Institut Teknologi Garut, Garut, Jawa Barat
  • Leni Fitriani Jurusan Ilmu Komputer, Institut Teknologi Garut, Garut, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.517

Keywords:

Aplikasi Reservasi, Payment Gateway, RUP, Tour and Travel

Abstract

Pada saat ini pariwisata memiliki prospek yang baik dan menjanjikan. Jasa Karunia Tour and Travel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan bus, open trip, homestay, dan paket wisata. Dalam proses bisnis Jasa Karunia Tour and Travel saat ini, pelanggan harus datang langsung ke kantor untuk pemesanan layanan. Kemudian, ketika perusahaan mengadakan open trip saat libur panjang menyebabkan kesulitan dalam pengelolaan pesanan pelanggan yang diikutsertakan karena reservasi melebihi batas kuota yang ditentukan. Selain itu, proses pembayaran melalui transfer membutuhkan waktu identifikasi yang cukup panjang karena kendala bukti transfer pembayaran, yang menyebabkan proses validasi tidak terorganisir dengan baik. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan aplikasi reservasi pada Jasa Karunia Tour and Travel yang dapat melakukan reservasi, mengelola pesanan open trip, dan menerapkan payment gateway dalam pengelolaan sistem pembayaran untuk meminimalisir kesalahan bertransaksi. Metodologi pengembangan perangkat yang digunakan yaitu Rational Unified Process (RUP) dengan tahapan Inception, Elaboration, Construction, dan Transition. Fitur Payment Gateway yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu library payment gateway dari Midtrans. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi reservasi yang diimplementasikan di perusahaan Jasa Karunia Tour and Travel sebagai pendukung pengelolaan reservasi produk layanan jasa Tour and Travel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Wulandari, R. Setiawan, and A. Mulyani, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer Online Menggunakan Scrum,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 135—146, 2019.

T. Cahyono, S. Setianingsih, and D. Iskandar, “Implementation Of The Waterfall Method In The Design Of A Website-Based Book Lending System,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 723—730, 2022.

P. D. W. I. Rahardika, “Implementasi sistem pembayaran dengan payment gateway pada pemesanan tour & transport,” pp. 1—14, 2020.

T. D. Hariyana, “Eksistensi Asas Iktikad Baik dalam Perjanjian Jual Beli Melalui Internet dengan Sistem Pembayaran Cash on Delivery,” UNISKA LAW Rev., vol. 2, no. 2, pp. 95—118, 2021.

M. Naufal, L. Ariyani, and W. Wulandari, “Perancangan Sistem Aplikasi Manajemen Biro Wisata.,” pp. 1106—1113, 2022.

A. Husaeri and B. C. Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Travel Berbasis Web Pada Jaya Abadi Travel,” I D E a L I S, vol. 2, no. 4, pp. 104—111, 2019.

M. A. A. Hutasuhut and P. Irfan, “Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi Karya Wisata Senggigi Berbasis Web,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 1, pp. 86—96, 2018, doi: 10.30812/matrik.v18i1.322.

T. Oktapiah and N. Hasti, “Sistem Informasi Reservasi Paket Wisata Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1—7, 2020.

Sutarman and R. A. S. Putra, “Pembayaran Payment Gateway Untuk Pemesanan Outbond Di Desa Wisata Garongan Yogyakarta Berbasis Web.,” 2020.

C. Péraire, M. Edwards, A. Fernandes, E. Mancin, and K. Carroll, The IBM Rational Unified Process for System z. 2007.

M. Utami, E. D. Putra, and Y. Apridiansyah, “Survey Paper: Perbandingan Agile Process Development Method (SCRUM dan RUP),” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 5, no. 2, pp. 113—116, 2022.

R. A. Sukamto and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2019.

S. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Barbershop Online,” J. Algoritm., vol. 15, no. 1, pp. 29—36, 2018, doi: 10.33364/algoritma/v.15-1.29.

F. Satria, N. Chasanah, and D. Iskandar, “Aplikasi Forum Diskusi Himpunan Mahasiswa Teknik Universitas Jenderal Soedirman Menggunakan Laravel,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1—6, 2020.

M. M. Gultom and Maryam, “Sistem Informasi Penjualan Material Bangunan Pada Toko Bangunan Berkah,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 79—86, 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.2.19.

F. Dewitama, I. Harnoko, and A. Andreas, “Perancangan User Interface untuk Aplikasi Universitas Tarumanagara,” Rupaka, vol. 2, no. 2, 2022.

D. I. Rianto, V. Effendy, and D. Junaedi, “Perancangan User Interface Pada Aplikasi Edukasi Identifikasi Hoaks Untuk Remaja Penyandang Tunanetra Dengan Metode User Centered Design,” eProceedings Eng., vol. 9, no. 3, 2022.

F. N. Khasanah, S. Murdowo, T. Informatika, U. Bina, P. Beta, and P. N. Fungsional, “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi,” Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 83—89, 2019.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128—137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Reservasi Jasa Karunia Tour and Travel. (2022). Teknika, 11(3), 218-224. https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.517