Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Era Pandemi Dengan Algoritma Apriori Berbasis Web Service

  • Acihmah Sidauruk Program Studi Sistem Informasi, Universitas Amikom, DI Yogyakarta
  • Ilyas Ferry Ceasar Widayanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Amikom, DI Yogyakarta
  • Hairul Januar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Amikom, DI Yogyakarta
  • Miftakhurrokhmat Program Magister Sistem Informasi, Universitas Islam Indonesia, DI Yogyakarta
Keywords: Data Mining, Asosiasi, Apriori, Apotek, Web Service

Abstract

Sejak kasus pertama di Indonesia diumumkan yaitu di awal tahun 2020, Covid-19 terus menyebar ke berbagai kota. Pandemi virus Covid-19 berdampak besar terhadap daya beli masyarakat dan jumlah transaksi penjualan di hampir semua komoditi, baik barang maupun jasa. Banyak pemilik usaha yang mengeluhkan turunnya target penjualan. Akan tetapi tidak semua sektor usaha mengalami penurunan, ada juga sektor usaha yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Di masa pandemi ini semua orang melakukan usaha perlindungan diri agar terhindar dari penyebaran virus corona dengan rutin mengkonsumsi obat atau vitamin. Data konsumsi obat dapat dilihat pada data transaksi penjualan apotek. Data transaksi penjualan obat yang lebih dari 3 bulan pastilah tidak sedikit, sehingga dalam melakukan evaluasi terhadap data-data tersebut dibantu dengan algoritma data mining. Penelitian ini memanfaatkan algoritma Apriori untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada Apotek Jingga di masa pandemi, proses pengolahan data dibagi dua yaitu asosiasi data sebelum pandemi, kemudian data di masa pandemi. Dari pola tersebut akan diketahui pola hubungan antar item produk, bahwa konsumen yang membeli obat X cenderung membeli obat Y. Hal ini akan mempermudah dalam proses perencanaan pengadaan obat, dan diharapkan dapat membantu manajemen untuk menganalisis setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen beserta kecenderungannya di masa pandemi. Hasil perbandingan berdasarkan tiga kali percobaan dengan parameter minimum support dan minimum confidence yang berbeda, jumlah aturan yang terbentuk selama pandemi lebih sedikit dibandingkan dengan aturan sebelum pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. A. A. Hikam, “4 Masalah Utama yang Bebani Pengusaha di Tengah Pandemi,” detikfinance. [Online]. Available: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5105163/4-masalah-utama-yang-bebani-pengusaha-di-tengah-pandemi. [Accessed: Oct-2022].

“Apotek Adalah Sarana Pelayanan Kefarmasian, Ini Jenis-jenisnya,” SehatQ. [Online]. Available: https://www.sehatq.com/artikel/apotek-adalah-tempat-membeli-obat-asli-dan-alat-medis-untuk-keperluan-kesehatan-anda. [Accessed: Oct-2022].

Suhartono, “Materi Webinar Series 11 - Universitas Airlangga.” [Online]. Available: https://ff.unair.ac.id/files/content/1600325838-25-Materi-Webinar-Series-11---FF-UA.pdf. [Accessed: Oct-2022].

J. Jayadi and A. Patombongi, “Implementasi Aplikasi Data Mining Pada Apotek Kimia Farma Bahteramas Menggunakan Algoritma Apriori,” Simtek: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 87—95, 2017.

A. W. Wijayanti, “Analisis Hasil Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 1, 2017.

R. Febrian, F. Dzulfaqor, M. N. Lestari, A. A. Romadhon, and E. Widodo, “Analisis Pola Pembelian Obat Di Apotek Uii Farma Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Semnasteknomedia Online, vol. 6, no. 1, pp. 49—54, 2018.

Ulvah, “Implementasi Algoritma Apriori Aturan Keterkaitan Data untuk Analisa Keranjang Belanja Sistem Persediaan Obat pada Apotek Perdos Farma Makassar ,” Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) , vol. 3, no. 2, 2018.

L. A. Utami, A. Ishaq, and S. Mariana, “Analisa Pola Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek Zam-Zam Bogor”, Syntax Jurnal Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 13—23, 2019.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creative Information Technology Journal, vol. 2, no. 2, pp. 102—113, 2015.

R. Rismayani, B. Tandiar, and W. Sandy, “Perancangan Sistem Berbasis Web Untuk Menganalisis Asosiasi Persediaan Obat-Obatan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Apotek Tongkonan Toraja),” Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 1, p. 43, 2020.

T. Maslihatin , “Sistem Asosiasi Penyusunan Obat Pada Apotek Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Baddoka Menggunakan Algoritma Apriori,” Celebes Computer Science Journal , vol. 2, no. 2, pp. 27—38, 2020.

Published
2022-11-15
How to Cite
Sidauruk, A., Widayanto, I. F. C., Januar, H., & Miftakhurrokhmat. (2022). Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Era Pandemi Dengan Algoritma Apriori Berbasis Web Service. Teknika, 11(3), 235-241. https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.544