Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata)
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v6i1.60Keywords:
penjualan, konsumen, toko online, toko winata, IFMLAbstract
Penjualan produk dan interaksi dengan konsumen adalah proses yang sering dilakukan di usaha/toko yang bergerak di bidang penjualan. Proses penjualan biasanya dilakukan secara langsung dan bertatap muka dengan konsumen. Persoalan penjualan secara langsung berkaitan dengan ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Pada penelitian ini penulis merancang dan mengembangkan toko online dengan studi kasus Toko Winata dan menggunakan metode Interaction Flow Modeling Language (IFML). Fungsi dari metode IFML adalah membantu mempermudah komunikasi desain interaksi dengan pemangku kepentingan non-teknis. Fokus penelitian ini adalah pada tampilan antar muka yang menarik, kemudahan penggunaan, serta penyampaian informasi produk kepada konsumen dengan memanfaatkan website sebagai salah satu layanan secara online. Penelitian ini akan membahas mengenai penjualan produk dan interaksi dengan konsumen secara online. Dengan adanya toko online ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan pada Toko Winata dan keuntungan berupa ruang lingkup yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan secara langsung.
Downloads
References
[2] Kalakota, R. dan Whinston, A.B. (1997). Electronic Commerce: a Manager's Guide. Amerika Serikat: Addison-Wesley.
[3] http://www.ifml.org/, Diakses pada tanggal 27 Agustus 2015, 13.00 WIB.
[4] https://upyes.wordpress.com/2013/02/06/pengertian-dan-sejarah-mysql/, Diakses pada tanggal 25 Agustus 2015, 13.05 WIB.
[5] http://regibrader-free.blogspot.com/2014/09/download-adobe-dreamweaver-cs3-full-crack.html, Diakses pada tanggal 30 Agustus 2015, 18.10 WIB.
[6] Spainhour, S. dan Eckstein, R. (2003). Webmaster in a Nutshell (3 rd ed.). Amerika Serikat: O'Reilly.
[7] http://www.w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=31, Diakses pada tanggal 25 Agustus 2015, 15.00 WIB.
[8] http://www.academia.edu/4603746/Pengertian_PHP_My_SQL, Diakses pada tanggal 24 Agustus 2015, 21.00 WIB.
[9] Santosa, I. (2006). Interaksi Manusia dan Komputer: Teori dan Praktek edisi 2. Yogyakarta: Andi.