Sistem Kendali Jarak Jauh Untuk Pemutusan dan Penyambungan kWh Meter Dengan Ponsel

  • Josserio A. Lilihata Program Studi Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur
  • Hanny Tumbelaka Program Studi Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur
  • Handry Khoswanto Program Studi Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Arduino-Uno, GSM-SIM808, Alat Pembatas dan Pengukur (APP), Remote Control, kWh Meter

Abstract

Pemutusan sementara saluran listrik ke pelanggan PT. PLN dapat dilakukan untuk mengurangi tunggakan tagihan pembayaran konsumsi energi listrik atau untuk mengatasi keadaan darurat. Oleh karena itu dalam penelitian ini membahas tentang pembuatan prototipe perangkat pemutus-sambung saluran listrik melalui jaringan GSM yang dapat membantu kerja PT. PLN. Adapun metode pemutusan dan penyambungan saluran listrik ke pelanggan dilakukan dengan menggunakan ponsel yang mengirimkan pesan SMS (Short Message Service) ke peralatan kontrol di Alat Pembatas dan Pengukur (APP). Pesan itu untuk mengubah status relay menjadi on (listrik tersambung) atau off (listrik terputus). Perangkat utama yang digunakan yaitu Arduino Uno, Modul GSM SIM808, dan Relay. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pengecekan saldo pulsa, titik lokasi dan status/nilai tegangan untuk kebutuhan monitoring kerja sistem. Hasilnya akan ditampilkan pada ponsel petugas melalui SMS dan website Thingspeak. Pengujian sistem secara keseluruhan yang dilakukan terhadap prototipe berjalan dengan baik dan sempurna. Kontak relay tertutup dan terbuka sesuai pesan SMS dan terkonfirmasi pada tampilan ponsel petugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Hariyanto, dan A. Subhan, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelanggan Menunggak Rekening Listrik pada PLN Sub-Rayon Sentebang,” Jurnal Manajemen Motivasi, vol. 11, no. 1, pp. 585-594, 2015

Z. Mubarok, “Prototipe Pemutus Saluran Rumah Golongan Pelanggan Kecil Menggunakan Mikrokontroler dengan Media Wifi,” Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2014.

A. R. Wahid, I. R. Imaduddin, dan M. Bachrudin, “Perancangan Trip Control Sistem pada Kwh Meter Pascabayar Menggunakan SMS Gateway,” TESLA, vol. 22, no. 2, pp. 192—202, Nov. 2020.

A. Abadi, R. Widya, dan Julsam, “Rancang Bangun Pemutus Tegangan pada Kwh Meter Pelanggan PLN,” Jurnal Andalas: Rekayasa dan Penerapan Teknologi, vol. 1, no. 1, pp. 37—46, 2021.

Defli Anggara Putra, “Rancang Bangun Program Pemutus dan Penghubung KWh Meter Menggunakan SIM 800L Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” Skripsi, Universitas Negeri Padang, 2022.

E. Suryati, dan W. Sholihah, “Pengontrolan Sistem Pemutusan Sementara oleh PLN Berbasis Arduino,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan SV UGM, November 2016, 5.

David Nettikadan and Subodh Raj M.S., “Smart Community Monitoring System using Thingspeak IoT Platform”, International Journal of Applied Engineering Research ISSN 0973-4562 Volume 13, Number 17 (2018) pp. 13402-13408 © Research India Publications. http://www.ripublication.com

Sambungan Tenaga Listrik Tegangan Rendah (SLTR), SPLN 56-1 tahun 1993, Jakarta: Departemen Pertambangan dan Energi Perusahaan Umum Listrik Negara.

GSM SIM808: https://www.robotshop.com/media/files/pdf/sim808-gps-module-datasheet.pdf

ThingSpeak: https://web.iitd.ac.in/~ddz208073/images/ts.pdf

Published
2023-06-20
How to Cite
Lilihata, J. A., Tumbelaka, H., & Khoswanto, H. (2023). Sistem Kendali Jarak Jauh Untuk Pemutusan dan Penyambungan kWh Meter Dengan Ponsel. Teknika, 12(2), 138-143. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.607
Section
Articles