Analisis Kualitas Website Perguruan Tinggi Sebagai Second-Order Construct Menggunakan Pendekatan PLS-SEM
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.617Keywords:
Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Niat Mengunjungi Kembali, PLS-SEM, Second-Order ConstructAbstract
Website perguruan tinggi mengalami penurunan pemeringkatan Webometric, QS World University Ranking dan klasterisasi di tingkat nasional. Peneliti melakukan riset terkait dengan adanya gap pada performa website perguruan tinggi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang membentuk dimensi kualitas website (WebQual) dan pengaruhnya pada kepuasan pengguna dan niat mengunjungi kembali website perguruan tinggi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer yang hasilnya diperoleh dari jawaban responden atas isian kuesioner. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan total 379 responden. Teknik analisis menggunakan Explanatory Factor Analysis (EFA) untuk menentukan faktor pembentuk WebQual dan Partial Least Square dengan Structural Equation Model (PSL-SEM) untuk menguji model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EFA mampu mengelompokkan dari sepuluh variabel menjadi tiga variabel baru pembentuk dimensi WebQual sebagai second-order construct yaitu kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, dan kemanfaatan website. Hasil PLS-SEM menunjukkan bahwa dimensi WebQual memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap niat mengunjungi kembali website perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini bahwa semakin bagus kualitas website perguruan tinggi dapat meningkatkan kepuasan penggunanya. Hal ini memberi dampak pada keinginan pengguna untuk melakukan kunjungan kembali ke website perguruan tinggi di masa yang akan datang.
Downloads
References
A. E. Yudistira, B. T. Hanggara, and H. M. Az-Zahra, “Pengukuran Kualitas Website Program Studi Sistem Informasi Menggunakan Metode WebQual dan Importance and Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3571—3579, 2020.
Erman, “Kinerja Website Salah Satu Penentu Peringkat Perguruan Tinggi,” Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, 2020. https://www.unpad.ac.id/2020/06/kinerja-website-salah-satu-penentu-peringkat-perguruan-tinggi/ (accessed Jan. 28, 2023).
Webometrics.info, “Ranking Web of Universities: Indonesia,” Webometrics, 2022. https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia (accessed Jan. 28, 2023).
M. Bakrie, “Menristekdikti Umumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019, Fokuskan Hasil dari Perguruan Tinggi,” Kemendikbud, 2019. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2019/08/19/menristekdikti-umumkan-klasterisasi-perguruan-tinggi-indonesia-2019-fokuskan-hasil-dari-perguruan-tinggi/ (accessed Jan. 28, 2023).
N. Herlina, “Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Umumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2020,” Kemdikbud, 2020. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/direktorat-jenderal-pendidikan-tinggi-umumkan-klasterisasi-perguruan-tinggi-indonesia-tahun-2020/ (accessed Jan. 28, 2023).
T. Suryani, M. Nurhadi, and A. A. Fauzi, E-Marketing bagi UKM: Strategi Periklanan, Website & Media Sosial, 1st ed. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.
C. Louw and C. Nieuwenhuizen, “Digitalization strategies for SMEs: A cost vs. skill approach for website development,” African J. Sci. Technol. Innov. Dev., vol. 12, no. 2, pp. 195—202, 2020.
T. Suryani, A. A. Fauzi, and M. Nurhadi, “Enhancing brand image in the digital era: Evidence from small and medium-sized enterprises (SMEs) in Indonesia,” Gadjah Mada Int. J. Bus., vol. 23, no. 3, pp. 314—340, 2021.
W. Gata, “Analysis of Information System Quality of Service on BSI Academy’s Environment Using Webqual Methods Importance Performance Analysis and Fishbone,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 95, no. 2, pp. 229—241, 2017.
E. Loiacono, R. T. Watson, and D. Goodhue, “WEBQUAL: A measure of website quality,” Mark. theory Appl., vol. 13, no. 3, pp. 432—438, 2002.
J. F. Andry and J. Loisa, “The e-Commerce Potential for Home-Based Businesses: A Case Study,” J. Ilm. FIFO, vol. 8, no. 2, pp. 139—146, 2016.
T. Suryani, A. A. Fauzi, M. L. Sheng, and M. Nurhadi, “Developing and testing a measurement scale for SMEs’ website quality (SMEs-WebQ): Evidence from Indonesia,” Electron. Commer. Res., pp. 1—32, 2022.
F. R. Wilujeng and R. Kusumo, “Analisis kepuasan tenaga kerja outsourcing terhadap pelayanan perusahaan dengan metode importance-performance analysis (IPA),” J. Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 11, no. 2, pp. 64—69, 2018.
K. Christianto, “Hubungan Dimensi Service Quality Dengan Kualitas Layanan E-Commerce Dari Sudut Pandang Konsumen Online,” J. Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 15—21, 2017.
A. Izadi, Y. Jahani, S. Rafiei, A. Masoud, and L. Vali, “Evaluating health service quality: using importance performance analysis. International journal of health care quality assurance,” Int. J. Health Care Qual. Assur., vol. 30, no. 7, pp. 656—663, 2017.
S. J. Barnes and R. T. Vidgen, “An integrative approach to the assessment of e-commerce quality,” J. Electron. Commer. Res., vol. 3, no. 3, pp. 114—127, 2002.
A. Ahmad and M. N. Khan, “Developing a website service quality scale: A confrmatory factor analytic approach,” J. Internet Commer., vol. 16, no. 1, pp. 104—126, 2017.
M. Faizal and A. Prasetio, “Users’ expectation and perception gap analysis of telkom university website with modified webqual 4.0 method,” J. Inf. Sci. Manag., vol. 18, no. 2, pp. 1—18, 2020.
H. H. Kuan, G. W. Bock, and V. Vathanophas, “Comparing the efects of website quality on customer initial purchase and continued purchase at e-commerce websites,” Behav. Inf. Technol., vol. 27, no. 1, pp. 3—16, 2008.
C. N. Noorshella, A. M. Abdullah, and A. R. Nursalihah, “Examining the key factors afecting e-service quality of small online apparel businesses in Malaysia,” SAGE Open, vol. 5, no. 2, pp. 1—10, 2015.
R. Connolly, F. Bannister, and A. Kearney, “Government website service quality: A study of the Irish revenue online service,” Eur. J. Inf. Syst., vol. 19, no. 6, pp. 649—667, 2010.
D. X. Ding, P. J. H. Hu, and O. R. L. Sheng, “e-SELFQUAL: A scale for measuring online self-service quality,” J. Bus. Res., vol. 64, no. 5, pp. 508—515, 2011.
B. F. Canziani and D. H. B. Welsh, “Website quality for SME wineries: Measurement insights,” J. Hosp. Tour. Technol., vol. 7, no. 3, pp. 266—280, 2016.
E. Narcikara, “E-service quality and e-recovery service quality: Effects on value perceptions and loyalty intentions,” Procedia Soc. Behav. Sci., vol. 229, pp. 427—443, 2016.
N. M. Widyaningsih, “Analisis Kepuasan Pengguna Website Jurnal Online Menggunakan Webqual (Studi Kasus : Buletin Penelitian Sistem Kesehatan),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.
J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and importance performance analysis to evaluate e-commerce website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, pp. 23—31, 2019.
A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., vol. 4, no. 1, p. 477, 2017.
M. L. Hamzah, R. F. Rahmadhani, and A. A. Purwati, “An Integration of Webqual 4.0, Importance Performance Analysis and Customer Satisfaction Index on E-Campus,” J. Syst. Manag. Sci., vol. 12, no. 3, pp. 25—50, 2022.
N. H. Istiqomah, “Pengaruh Destination Brand Image dan Attribut of Destination terhadap Revisit Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.
D. A. Baker and J. L. Crompton, “Quality, satisfaction and behavioral intentions,” Ann. Tour. Res., vol. 27, no. 3, pp. 785—804, 2000, doi: 10.1016/S0160-7383(99)00108-5.
C. F. Chen and D. C. Tsai, “How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?,” Tour. Manag., vol. 28, no. 4, pp. 1115—1122, 2007, doi: 10.1016/j.tourman.2006.07.007.
E. Nafisah and U. Suhud, “Who Would Return to Malioboro ? A Structural Model of Factors to Influence Tourists Revisit,” in International Conference on Education For Economics, Business, and Finance, 2016, pp. 28—35.
I. G. N. S. Wijaya, E. Triandini, E. T. G. Kabnani, and S. Arifin, “E-commerce website service quality and customer loyalty using WebQual 4.0 with importance performances analysis, and structural equation model: An empirical study in shopee,” J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 107—124, 2021.
J.-M. Becker, K. Klein, and M. Wetzels, “Hierarchical Latent Variable Models in PLS-SEM: Guidelines for Using Reflective-Formative Type Models,” Long Range Plann., vol. 45, pp. 359—394, 2012.
J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, M. Sarstedt, N. P. Danks, and S. Ray, “An Introduction to Structural Equation Modeling. In Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM),” in Using R. Classroom Companion: Business, Springer, 2021.
Hair Jr. and F. Joseph, Multivariate Data Analysis, Fifth. New Jersey: PrenticeHall, Inc, 2011.
J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, A primer on partial least squares structural equation modelling (PLSSEM), 2nd ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2017.
J. F. Hair, M. Sarstedt, C. M. Ringle, and S. P. Gudergan, Advanced issues in partial least squares structural equation modeling. Advanced issues in partial least squares structural equation modeling. Los Angeles, CA: SAGE Publications, 2018.
W. W. Chin, “The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern methods for business research,” Mod. methods Bus. Res., vol. 295, no. 2, pp. 295—336, 1998.