Peningkatan Fleksibilitas dan Kecepatan Pengembangan Permainan Melalui Penerapan Pola Desain Pada Komponen Unity UI
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v12i3.679Keywords:
Unity Framework, Midcore Game, Design Pattern, Waktu Pengembangan, Interaction CostAbstract
Industri permainan telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, ditandai dengan munculnya berbagai jenis permainan yang menarik dan inovatif. Salah satu tren yang sedang meningkat adalah popularitas game midcore yang berhasil menarik perhatian pemain dari berbagai kelompok. Karena daya tariknya, banyak studio game beralih ke pengembangan game midcore untuk mengeksplorasi potensi pasar yang luas dan mencapai kesuksesan yang lebih besar. Salah satu tantangan utama yang dihadapi dalam pengembangan game midcore oleh perusahaan adalah perancangan dan pembuatan komponen antarmuka pengguna (UI) yang efektif. Bagian UI merupakan aspek kritis dalam permainan karena secara langsung mempengaruhi pengalaman bermain dan keterlibatan pemain. Di samping itu, pada saat ini belum ada standar universal atau framework yang sepenuhnya mendukung pengembangan UI pada game midcore. Kurangnya alat bantu yang efisien dapat menyebabkan penundaan dan peningkatan beban kerja pada tim pengembang, yang akhirnya dapat berdampak pada keseluruhan pengalaman bermain dan kualitas produk. Dalam menghadapi tantangan pengembangan UI pada game midcore, penelitian ini menyajikan solusi dengan menerapkan design pattern untuk mengembangkan komponen UI game yang akan menjadi framework pada Unity Engine. Hasil validasi menunjukkan bahwa penggunaan framework ini menyebabkan efisiensi pada waktu pengembangan dan interaction cost. Efisiensi interaction cost sebesar 10% hingga 66% dan waktu pengembangan sebesar 28% hingga 91%. Selain itu, dari hasil survei pelanggan menggunakan metode perhitungan Customer Satisfaction Score (CSAT), diperoleh tingkat kepuasan pelanggan sebesar 78%. Nilai 78% dalam skala CSAT dianggap sebagai tingkat kepuasan "excellent response," yang menyiratkan bahwa menurut pelanggan, framework ini telah memiliki performa yang sangat baik.
Downloads
References
Kemenparekraf/Baparekraf RI, "https://kemenparekraf.go.id/," Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, [Online]. Available: https://kemenparekraf.go.id/en/articles/development-of-the-game-industry-in-indonesia-achieves-international-award. [Accessed 10 Oktober 2023].
GameRefinery Team, "The Rise of Midcore Mobile Games Snapshot Report: July 2022," GameRefinery, 7 Juli 2022. [Online]. Available: https://www.gamerefinery.com/the-rise-of-midcore-mobile-games-snapshot-report-july-2022/. [Accessed 1 Agustus 2023].
R. Tang, "liftoff," [Online]. Available: https://liftoff.io/blog/2023-midcore-gaming-apps-report-announcement/. [Accessed 31 10 2023].
J. McCall, P. Ricards and G. Walters, "Factors in software quality: concept and definitions of software quality," General Electric Company, 1977.
R. C. Martin, Clean Architecture: A Craftsman's Guide to Software Structure and Design, Pearson; 1st edition , 2017.
C. M. Kanode and H. M. Haddad, "Software Engineering Challenges in Game Development," in Sixth International Conference on Information Technology: New Generations, Kennesaw, 2009.
K. Karisson, "Reusing GameObjects in Unity3D," 20 Maret 2017. [Online]. Available: https://medium.com/@utterbbq/reusing-gameobjects-in-unity3d-468e0317024f. [Accessed 10 15 2023].
J. West, "Revisiting the Power of Interfaces in C# for Unity: Tips and Techniques for Creating Reusable Components," 14 Desember 2022. [Online]. Available: https://valdarixgames.medium.com/revisiting-the-power-of-interfaces-in-c-for-unity-tips-and-techniques-for-creating-reusable-b4775c12e3ab. [Accessed 10 Oktober 2023].
Learn to Create Games, "Creating maintainable and reusable code," 14 Februari 2018. [Online]. Available: https://learntocreategames.com/optimizing-your-code-2/. [Accessed 15 Oktober 2023].
A. Rautakopra, "Game Design Patterns : Utilizing Design Patterns in Game Programming," 2018.
J. Qu, Y. Song and Y. Wei, "Applying Design Patterns in Game Programming," 17th IEEE.ACIS International Conference on Software Engineering, Artificial Intelligence, Networking, and Parallel/Distributed Computing, 2013.
A. Chammas, . M. Quaresma and C. Mont’Alvão, "A Closer Look on the User Centred Design," Procedia Manufacturing, vol. 3, pp. 5397-5404, 2015.
