Analisis Pengalaman Pengguna Shopee: Evaluasi Dengan UMUX dan UMUX-Lite

Authors

  • Syifa' Septiana Dwi Inayah Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
  • Rosalina Alda Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
  • Bintang Ahmada Farhan Adama Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
  • Ariq Cahya Wardhana Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v13i1.770

Keywords:

Shopee, E-Commerce, UMUX, UMUX-Lite, Pengalaman Pengguna

Abstract

Shopee telah menjadi pemimpin E-Commerce di Asia Tenggara dengan lebih dari 237 juta pengunjung pada bulan September 2023. Platform ini masih dihadapkan pada tantangan terkait kesesuaian desain dengan kebutuhan pengguna dan kesulitan pengguna dalam memahami aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain aplikasi Shopee, dengan fokus pada pengalaman pengguna. Hasil survei menunjukkan bahwa fitur yang sering digunakan adalah memesan barang, pembelian pulsa, dan Shopee Food. Oleh karena itu, pengujian difokuskan pada tiga fitur tersebut dengan menggunakan metode evaluasi UMUX dan UMUX-Lite, yang menghasilkan wawasan kuantitatif dan kualitatif. Dengan skor UMUX 80,83 dan UMUX-Lite 80, penilaian diberikan dalam kategori B. Namun, terdapat saran perbaikan untuk Shopee Food, termasuk peningkatan desain icon dan tampilan menu, serta penyederhanaan navigasi. Perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan di Platform Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. F. Alawiyah and D. S. Canta, “Evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi Shopee menggunakan metode user experience questionnaire (ueq),” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 344—350, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1574

Ardin, F, A, 2022, Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi Shopee dan Tokopedia Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), Skripsi, Program Studi Sistem Informasi Bilingual S1, Univ. Sriwijaya

Curry, D, 2024, Shopee Revenue and Usage Statics (2024), https://www.businessofapps.com/data/Shopee-statistics/ , diakses tgl 02 Januari 2024.

Ahdiat, A, 2023, Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain?, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/pengunjung-Shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain , diakses tgl 02 Januari 2024

F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi usability website Shopee menggunakan system usability scale (sus),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146—150, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.

Z. Zulfidiana, D. H. Yunardi, and V. Mutiawani, “Rancang bangun aplikasi pengujian usability berbasis web,” J-SIGN (Journal Informatics, Inf. Syst. Artif. Intell., vol. 1, no. 01, pp. 58—70, 2023, doi: 10.24815/j-sign.v1i01.31805.

W. Riyadi, “Evaluasi kegunaan payo kepasar dengan metode sistem usability scale (sus) dan UMUX-Lite,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 51—60, 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.90.

T. Wahyuningrum, “Mengukur usability perangkat lunak,” no. 1596, p. 96, 2021.

Downloads

Published

2024-03-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Pengalaman Pengguna Shopee: Evaluasi Dengan UMUX dan UMUX-Lite. (2024). Teknika, 13(1), 120-126. https://doi.org/10.34148/teknika.v13i1.770