Evaluasi Kepuasan Pengguna BRImo Menggunakan EUCS

Authors

  • Yekti Asmoro Kanthi Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang, Jawa Timur
  • Kevin Gumilang Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang, Jawa Timur
  • Siti Aminah Program Studi Informatika, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v13i1.772

Keywords:

BRIMO, Evaluasi Kepuasan, EUCS

Abstract

Aplikasi BRImo merupakan salah satu layanan dari BRI yang dirilis pada 25 Febuari 2019 dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan tampilan yang baru daripada sebelumnya yang menjadi business model baru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi BRImo berdasarkan lima faktor yaitu faktor isi, faktor keakuratan, faktor tampilan, faktor kemudahan, dan ketepatan waktu. Dan juga untuk mengetahui faktor yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna. Metodologi penelitian ini menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian dilakukan berfokus pada pengguna BRImo pada wilayah malang dan sekitarnya dengan berbagai macam rentang usia. Sehingga sampel yang diambil berjumlah 100 orang dengan menggunakan rumus slovin dari seluruh populasi pengguna BRImo pada wilayah Malang. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial variabel isi, keakuratan, tampilan, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan, namun variabel ketepatan waktu berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan secara simultan variabel isi, keakuratan, tampilan, kemudahan, ketepatan waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, didapatkan variabel tampilan memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. A. Zahra and R. A. Putra, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi BRImo Menggunakan Metode EUCS (STUDI KASUS NASABAH BRI UNIT KERTAPATI),” pp. 18–23, 2022.

N. L. Rachmawati and D. Krisbiantoro, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction(Studi Kasus : Universitas Amikom Purwokerto),” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 29–35, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/473.

L. Darwati, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022.

M. Z. Yang and J. I. Sihotang, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat,” Informatics Digit. Expert, vol. 4, no. 2, pp. 53–60, 2023, doi: 10.36423/index.v4i2.1110.

R. Munap et al., “The Influence of End User Computing System ( EUCS ) on User Satisfaction : The Case of a Logistic and Courier Service Company,” vol. 5, no. 12, pp. 5103–5110, 2018, doi: 10.18535/ijsshi/v5i12.03.

A. Aditya, Y. A. Kanthi, and S. Aminah, Metodologi Penelitian Ilmiah dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. 2022.

R. Ulfa, “Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan,” Al-Fathonah J. Pendidik. dan Keislam., vol. 1, no. 1, pp. 342–351, 2021.

S. Suwanti, A. Yudhana, and H. Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 2, pp. 149–161, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i2.7581.

E. Istianah and W. Yustanti, “Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 36–44, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882.

I. Kurniasih, D. Pibriana, P. Studi, and S. Informasi, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” vol. 8, no. 1, 2021.

B. B. Akbar, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 24–32, 2022.

A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3059.

L. Febriayu, W. Pujiastuti, and N. Nurbaiti, “Pemanfaatan Basis Data Pada Mobile Banking Di PT. Bank Rakyat Indonesia Persero,” J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 280–285, 2023, doi: 10.47233/jsit.v3i2.914.

P. R. Damayanti and G. S. Palupi, “Penerapan Metode E-Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Analisis Kualitas Layanan Transfer Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi BRImo,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 4, no. 3, pp. 115–125, 2023, [Online]. Available: https://cekgangguan.id/layanan/m-banking-.

N. S. Elysa, L. Arini, D. F. Murad, and R. Leandros, “User Experience Satisfaction Analysis of Customers on the BRI Mobile Application (BRImo),” Procedia Comput. Sci., vol. 227, pp. 680–689, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2023.10.572.

Downloads

Published

2024-03-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Evaluasi Kepuasan Pengguna BRImo Menggunakan EUCS. (2024). Teknika, 13(1), 155-163. https://doi.org/10.34148/teknika.v13i1.772