Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Pemilihan Siswa Teladan di Sekolah

  • Fatehson Dendah Ragestu Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta
  • Alexander J.P. Sibarani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta
Keywords: Siswa Teladan, Fuzzy Inference System, Metode Tsukamoto

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mazroatul Ulum di Tangerang. Sekolah ini berusaha untuk meningkatkan mutu dan daya saing dari siswa-siswi agar dapat bersaing dengan sekolah lainnya. Salah satu cara yang diambil adalah dengan menerapkan pemilihan murid teladan berdasarkan penilaian yang diperoleh. Proses untuk menentukan predikat siswa teladan di SMP Mazro’atul Ulum saat ini dengan mempertimbangkan 4 kriteria yaitu data rata-rata rapor, total absensi berdasarkan alpha, nilai kepribadian, dan nilai ekstrakurikuler. Sebelumnya, sekolah ini belum memiliki aturan yang valid mengenai kriteria terhadap pemilihan siswa teladan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode Fuzzy Tsukamoto. Metode tersebut merupakan pilihan yang tepat dalam menangani masalah pengambilan sebuah keputusan yang menggunakan beberapa kriteria hingga menghasilkan dua keputusan yaitu teladan dan tidak teladan. Jika nilai probabilitas siswa lebih besar sama dengan 70 maka masuk ke rekomendasi teladan dan jika di bawah 70 maka tidak teladan. Dalam pengujian yang dilakukan pada data siswa kelas 7, 8, dan 9 pada tahun ajaran 2018/2019, bahwa sistem ini dapat menentukan siswa yang berhak mendapatkan predikat teladan dan memberikan penilaian dari hasil keputusan dengan tepat dan efisien.

References

Saifulloh, Winarno, W.W. & Luthfi, E.T. (2016). Penerapan Fuzzy Logic Dalam Penentuan Kelayakan Pemberian Kredit. Jurnal Ilmiah Multitek Indonesia, Vol. 10(2), pp 1-12.

Anggun, A., Marisa F. & Wijaya I.D. (2016). Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Journal Of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), Vol. 1(1), pp. 27-32.

Erlangga & Dharmawan, Y.Y. (2018). Penentuan Penerima Kinerja Dosen Award Melalui Metode Tsukamoto Dengan Konsep Logika Fuzzy. Explore – Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, Vol. 9(2), pp 152-161.

Murti, T., Abdillah, L.A. & Sobri, M. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Pemberian Pinjaman Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT), pp 252-256.

Parewe, A.M.A.K. & Mahmudy, W.F., (2016). Seleksi Calon Karyawan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) 2016.

Kusumadewi, S. & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Tsukamoto Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gautama, M.G. (2010). Penentuan Jurusan di SMAN 8 Surakarta Dengan Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Published
2020-07-13
Section
Articles