Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire Pada Website Ciputra Enterprise System

  • Yulmy Satria Mandala Putra Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur
  • Rinabi Tanamal Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Website, Usability, Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, User Satisfaction, Use Questionnaire

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi informasi menyebabkan efektivitas dalam bekerja meningkat. Dengan adanya website CES (Ciputra Enterprise System) membuat pekerjaan atau tugas kantor dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Website yang baik adalah yang bisa meningkatkan keefektifan ketika digunakan dan membuat penggunaan website lebih mudah. Website CES (Ciputra Enterprise System) merupakan sistem baru yang dibuat oleh Ciputra. Namun karena website ini masih baru sehingga masih banyak kekurangan yang dimiliki dari segi kemudahan yang dirasakan pengguna dan efisiensi melalui pengalaman pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usability dari website CES (Ciputra Enterprise System) untuk meningkatkan usability sistem dengan menggunakan metode USE Questionnaire. Metode ini terdiri dari 4 parameter yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning dan User Satisfaction. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel dari USE Questionnaire yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction secara simultan. Secara parsial, variabel Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction. Faktor dominan yang mempengaruhi User Satisfaction (Kepuasan User) dalam menggunakan website CES (Ciputra Enterprise System) adalah Ease of Learning (Kemudahan belajar) dengan nilai koefisien 0,390.

References

ISO. (2018). ISO 9241-11:2018. Diakses dari https://www.iso.org/Obp/Ui/#Iso:Std:Iso:9241:11:Ed-2:V1:En pada tanggal 19 November 2019.

Amelia, L., & Novita, D. (2019). Analisis Usability Aplikasi Pengisian KRS Online STMIK XYZ Palembang Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Informasi Dan Komputer, Vol. 7(1), pp. 17-28.

Hadi, K.R., Az-Zahra, H.M. & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Kai Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 2(9), pp. 2742-2750.

Marthasari, G.I. & Hayatin, N. (2017). Analisis Usability Terhadap Sistem Lective Gegulang Berbasis USE Questionnaire. Prosiding Seminar Teknologi dan Rekayasa (SENTRA).

Machmud, R. (2018). Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus Pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, Vol. 14(1).

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol. 3.

Kusuma, W.A., & Noviasari, V. (2016). Analisis Usability Dalam User Experience Pada Sistem KRS Online UMM Menggunakan USE Questionnaire. Jurnal

Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), Vol. 5(4), pp. 294-301.

Viola , M., Ekawati, R.K. & Wijaya, T. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Pada PT XYZ. Jurnal Terapan Teknologi Informasi (JUTEI), Vol. 1(2), pp. 155-164.

Maryuliana, Subroto, I.M.I. & Haviana, S.F.C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, Vol. 1(1), pp. 1-12.

Dewi, M.A.C. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filling. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen (JSAM), Vol. 1(3), pp. 317-367

Binus University. (2017). Probability Sampling Vs. Non-Probability Sampling. Diakses dari: http://scdc.binus.ac.id/Himsisfo/2017/03/Probability-Sampling-Vs-Non-Probability-Sampling/ pada tanggal 22 November 2019

Tanamal, R. (2017). Analisis Faktor Yang Paling Berpengaruh Pada Keinginan Menggunakan Applikasi Grab Di Kota Surabaya. Jurnal Terapan Teknologi Informasi (JUTEI), Vol. 1(2), pp. 121-130.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Published
2020-07-13
Section
Articles