Aplikasi Ilustrasi Karakter Punakawan Pada Kemasan Teh Celup
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v4i1.145Keywords:
Kemasan, Ilustrasi, Punakawan, Teh CelupAbstract
Kemasan teh celup selama ini berfungsi sebagai pelindung produk dan alat komunikasi ke calon konsumen, dan pada perancangan ini kemasan teh celup diusahakan bisa memberi makna yang jauh lebih luas dari sekadar pelindung. Dengan mengusung karakter punakawan, kemasan teh celup dibuat sedemikian rupa sehingga tidak hanya memenuhi fungsi estetika, namun juga fungsi entertain sekaligus mengenalkan budaya lokal. Karakter punakawan dipilih karena merupakan simbol rakyat jelata yang sudah melegenda di kalangan
masyarakat Indonesia khususnya di Jawa. Tujuan pengkaryaan adalah menjadikan karaker Punakawan untuk menjadi elemen desain kemasan teh. Metode perancangan desain dilakukan dari mencari data referensi tentang karakter Punakawan dan perancangan kemasan makanan khususnya kemasan teh. Desain kemasan teh celup ini diharapkan dapat memperkaya khasanah dunia desain khususnya pada desain kemasan, kemudian dapat direalisasikan secara nyata pada produk teh kemasan di Indonesia.
Downloads
References
Marianne R. Klimchuk, Sandra A. Krasovec, 2013. Packaging Design: Successful Product Branding From Concept to Shelf, 2nd Edition. John Wiley & Sons
Jane Pettigrew 2002. A Social History of Tea. National Trust
Ara Rossi, 2010. 1001 Teh. Andi Offset, Yogyakarta
Godard Arend Johannes Hazeu, 1897, Bijdrage tot de kennis van het Javaansche tooneel, Boekhandel en Drukkerij voorheen E.J. Brill
Ardian Kresna, 2012. Punakawan - Simbol Kerendahan Hati Orang Jawa, Penerbit Narasi
Danu Widhyatmoko, 2014. Konsep Visual Perancangan Label Kemasan Madumadu Nusantara dengan Contoh Kasus Madu Sumbawa. Jurnal Wastucitra
Mahendra Sucipto 2016. Kitab Lengkap Tokoh-Tokoh Wayang dan Silsilahnya, Penerbit Narasi
Gustami, 2000. Konsep-Konsep di Balik Kriya Tradisional Indonesia Analisis Desain Melalui Pendekatan Sosial-budaya. Yogyakarta: ITB.
Kompas.com 2014. Teh Kemasan dan Teh Seduh, Mana Lebih Sehat?, Penulis : Christina Andhika Setyanti Diakses pada tanggal 5 Desember 2018 dari https://lifestyle.kompas.com/read/2014/02/11/1638115/Teh.Kemasan.dan.Teh.Seduh.Mana.Lebih.Sehat.
Tempo.Co 2018. Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 8,67 Persen Triwulan II 2018. Penulis: Chitra Paramaesti Diakses pada tanggal 5 Desember 2018 dari https://bisnis.tempo.co/read/1127039/industri-makanan-dan-minumantumbuh-867-persen-triwulan-ii-2018