Perancangan Board Game Sebagai Media Penanaman Moral Bagi Anak Usia 6-9 Tahun Melalui Pendekatan Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Angga Hendrawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Christyan Budi Susilo Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Cherly Barbara Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v3i1.217

Keywords:

Papan Permainan, Moral, Kepedulian Sosial

Abstract

Dengan adanya moral, manusia dapat menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Kemudian dilakukan sebuah penelitian untuk mendapatkan solusi dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder. Penulis merancang board game untuk menanamkan moral anak melalui pendekatan agama Kristen dengan topik khusus (toleransi dan kepedulian sosial) dengan genre christian’s children board game, khususnya untuk anak usia 6-9 tahun, memberi pengalaman perjalanan pelayanan Yesus melalui tantangan dan aktivitas rohani. Board game The Sheepo Adventure ini telah diuji coba dan memberikan dampak yang baik bagi anak. Board game The Sheepo Adventure dikembangkan menjadi kategori moral yang lain, sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar mengenai topik moral lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wijanarko, Jarot.2017. Father and Son- Intim Orangtua Anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Ismail Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.

Mulyadi, S., 2004. Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Papas Sinar Sinanti: Jakarta.

Downloads

Published

2019-09-20

Issue

Section

Articles