Transformasi Rukun Haji Ke Dalam Perancangan Produk Playground Indoor Sebagai Penunjang Pembelajaran Agama Islam Pada Sekolah TK di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v5i1.358Keywords:
Playground Indoor, Haji, ModularAbstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi di dalam diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian dan kecerdasan. Pengetahuan agama islam harus diberikan pada anak sejak usia dini. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai lembaga pendidikan TK diantaranya TK yang berbasis islam. Fasilitas penunjang aktivitas didalam sekolah sudah seharusnya didapat oleh anak-anak TK islam. Seperti permainan playground dan fasilitas pembelajaran tentang ibadah haji. Namun sayangnya sarana permainan playground seperti yang terdapat pada sekolah TK islam di Surabaya belum menerapkan unsur islam didalamnya. Oleh sebab itu, tahap selanjutnya yaitu melakukan metode pengambilan data dengan cara wawancara dan pengambilan data dari berbagai sumber di internet. Data tersebut digunakan untuk melakukan studi dan analisa elemen yang dibutuhkan dalam perancangan, seperti aktivitas ibadah haji, konsep desain, ergonomi, sistem, material, dan warna. Setelah dilakukan studi dan analisa tersebut, dihasilkan sebuah final desain yang berupa indoor playground playfull yang mengambil inspirasi dari kegiatan ibadah haji dengan menggunakan sistem modular.
Downloads
References
Albrect dan Miller, 2000. The Comprehensif Infant Curriculum. Beltsville MD: Gryphon House Ins.
Darunnajah, 2012. Standart kompetensi anak. Diakses tanggal 20 oktober 2018 dari http://darunnajah.com/standarkompetensi-anak-tk/
Haji dan umroh, 2017. Hikmah ibadah haji dan umroh. Diakses tanggal 15 mei 2018 dari https://media.ihram.asia/2017/02/14/mabit dan-tahallul-apa-hikmahnya-hikmah-ibadah-haji-umrah-3/
Psyline, 2017. Arti dan Pengaruh Warna bagi Psikologi Manusia, Diakses tanggal 20 oktober 2018 dari https://psyline.id/arti-dan-pengaruh-warna-bagi-psikologi-manusia
Salabi, Ahmad, 1954. History of Muslim Education. Bairut: Dar Al-Kasyaf.
Shofia, Naila, 2004. Manajemen Pelatihan Manasik Haji pada anak-anak. Studi Kasus Pada RA Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus (Skripsi Sarjana). Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang.