Board Game Edukatif Tentang Kepedulian Terhadap Binatang Peliharaan Untuk Anak Usia 6-8 Tahun

  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Muhammad Nasrulloh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Paulina Sugiarto Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Board Game, Permainan Edukatif, Binatang Peliharaan, Anak-anak

Abstract

Peningkatan kepedulian terhadap binatang peliharaan kepada anak merupakan hal yang penting karena bermanfaat bagi tumbuh kembang anak untuk kedepannya. Sehingga pengenalan mengenai kepedulian terhadap binatang peliharaan sejak kecil perlu dilakukan pada anak. Dalam mengenalkan kepedulian tersebut kepada anak diperlukan cara yang menarik yaitu melalui bermain sambil belajar dengan media board game. Dilakukan pengumpulan data primer melalui wawancara dan penyebaran kuisoner, sedangkan pengumpulan data sekunder melalui pencarian kajian data seperti teori perkembangan anak, psikologi warna, permainan edukatif, teori board game, dan teori ilustrasi. Dari data yang didapat menyatakan bahwa anak-anak suka belajar sambil bermain, oleh karena itu dibuatlah perancangan board game yang bertemakan kepedulian terhadap binatang peliharaan guna mengajarkan cara memperlakukan binatang peliharaan dengan benar. Hasil dari perancangan ini berupa board game Care for Anymal’s yang terdiri dari aset seperti papan permainan, kartu, pion, dadu, gacha, token, lembar panduan, dan mini comic. Media pendukung juga dirancang guna membantu penjualan media utama yang berupa merchandise serta media promosi. Perancangan ini dibuat dengan harapan memiliki dampak kepada anak agar dapat memperlakukan binatang peliharaan dengan baik dan menerapkannya ke dalam kehidupannya sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hibana. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada tanggal 5 Juni 2018 (https://kbbi.web.id/)

Limantara, Daniel, Heru Dwi Waluyanto, Aznar Zacky. (2015). Perancangan Board Game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2018 (http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/3219/2909)

Sumarno, Paul. 2000. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisius

Tribunjogja. (2014). Pembantaian Kucing. Diakses pada Tanggal 15 Mei 2019 Pukul 13.42 WIB (http://jogja.tribunnews.com/topic/pembantaian-kucing)

Wulandari, Suci Ningsih. (2015). Penggunaan Permainan Tradisional pada Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK. Beringin Raya Bandar Lampung. Diakses Pada tanggal 27 Oktober 2018 (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10024)

Sasongko, Agung. 2019. Sayangi Binatang. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 (https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/19/03/03/pns2ch313-sayangi-binatang)

Published
2021-08-20
Section
Articles