Perancangan New Media Berbasis Augmented Reality Untuk Mendukung Kegiatan Promosi IKADO Guna Menjangkau Calon Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v5i1.395Keywords:
new media, virtual reality, augmented realiy, interaktifAbstract
Terbatasnya jarak dan waktu, seringkali membuat para calon mahasiswa terbatas untuk mengakses informasi mengenai IKADO, dengan dirancangnya media Augmented Reality ini, maka diharapkan informasi gedung dan fasilitas IKADO dapat diakses oleh para calon mahasiswa dan orang tua setiap saat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data mengenai indentitas IKADO, ukuran gedung dan fasilitas IKADO. Metode perancangan new media ini dilakukan dengan mengikuti beberapa metode yang telah dilakukan oleh perancang serupa dalam judul "penggunaan AR untuk proses pembuatan batik tulis", dan melakukan penyesuaian perancangan sesuai dengan identitas dan ukuran gedung dan fasilitas IKADO. Perancangan ini menghasilkan Media baru Augmented Reality berupa tampilan tiga dimensi gedung dan fasilitas IKADO. Media ini sebagai sarana informasi yg unik dan efektif tentang fasilitas IKADO, yang diharapkan agar mampu memberikan pengalaman baru khususnya dalam hal promosi yang belum banyak diterapkan oleh beberapa kampus lainnya, sehingga hal ini dapat menjadi solusi yang baik untuk menarik ketertarikan calon mahasiswa dan orang tua. Perancangan Media pendukung diharapkan mampu menjadi media pelengkap yang secara fungsional dapat menunjang media utama.
Downloads
References
Barkah, Avief Muhammad dan Agustina, Rini. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan candi-candi di malang raya berbasis mobile android. Malang: Universitas Kanjuruhan.
Lenurra, Ferry dan Pratiwi, Dian. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai media promosi apartemen dengan metode markerless. Jakarta: Universitas Trisakti
Santoso, Didik. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality untuk menampilkan proses pembuatan Batik Tulis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Uyung Sulaksana. (2007). Integrated Marketing Communications. Jakarta: Pustaka Pelajar.