Representasi Budaya Jawa Pada Film Animasi "Knight Kris"

Authors

  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v5i1.396

Keywords:

film animasi, semiotika, representasi, budaya Jawa, Knight Kris

Abstract

Knight Kris merupakan film animasi yang dirilis pada tahun 2017 bergenre fantasi, namun dalam latar cerita, penokohan dan tema yang diangkat mengandung unsur budaya Jawa. Fokus permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana tanda-tanda budaya Jawa direpresentasikan dalam film animasi Knight Kris, dan bagaimana makna yang terkandung dalam representasi budaya Jawa tersebut. Pendekatan penelitian kualitatif, tinjauan pustaka yang digunakan adalah film sebagai teks budaya, budaya Jawa, dan semiotika. Representasi budaya Jawa dalam film ini dibedah menggunakan semiotika model Peirce dan kerangka analisis film dari Fiske. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur budaya Jawa dalam film animasi Knight Kris direpresentasikan melalui adegan, penokohan karakter, setting, dan musik latar. Selain itu, representasi budaya Jawa tentang tata paugeraning urip juga ditemukan pada film ini. Knight Kris juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karakter kepada siswa untuk mengenalkan etos Jawa dan nilai keluhuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunarsa, Singgih. 2003. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. BPK: Gunung Mulia.

Lombard, Denys. 2008. Nusa Jawa: Silang Budaya (Batas-Batas Pembaratan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

________. 2008. Nusa Jawa: Silang Budaya (Warisan Kerajaan-Kerajaan Konsentris). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi Multikultural. Surakarta, Muhammadiyah: University Press.

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-08-20

Issue

Section

Articles