Perancangan Webcomic Sebagai Panduan Menjadi Seorang Cosplayer Bagi Remaja Usia 15-25 Tahun

Authors

  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Olivia Irene Britney Tahitu Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v5i2.430

Keywords:

cosplay, webcomic, informatif, remaja

Abstract

Cosplay (コスプレ, kosupure) merupakan singkatan dari “costume” dan ”play” yang artinya bermain dengan kostum. Dengan perkembangan cosplay yang berkembang di Indonesia dan juga adanya sebuah komunitas, masih banyak cosplayer awam yang belum paham apa saja yang harus disiapkan. Oleh karena itu webcomic ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan mendalami cosplay. Pada perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif (observasi dan wawancara) dengan cosplayer berpengalaman dan ketua komunitas cosplay di Surabaya. Proses perancangan dimulai dari mencari ide/refrensi, menulis cerita, mendesain karakter, sketsa komik, digitalisasi dan mengatur layout, lalu diunggah. Komik 10 episode yang diunggah ke LINE Webtoon, tersebut menceritakan tentang seseorang yang ingin menjadi cosplayer tetapi belum tahu apa saja yang harus disiapkan. Selain itu terdapat media pendukung yang berfungsi untuk menjangkau audiens seperti Instagram, stiker WhatsApp, kaos, tote bag, pouch, notebook, bantal, masker, gantungan, dan tumbler. Komik ini diharapkan dapat menyampaikan informasi melalui cerita yang dibuat, mulai dari pengenalan hingga membawa cosplay tersebut ke event.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andina, Yurista. n.d. Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial. Diakses dari https://kreativv.com/seni-rupa-dan-desain/apa-itu-webtoon/ Pada tanggal 4 Februari 2021 pukul 17.00 WIB

Asano, Vie. (2014). Inilah Asal Usul Istilah “Cosplay”. Diakses dari https://japanesestation.com/anime-manga/cosplay/inilah-asal-usul-istilah-cosplay Pada tanggal 17 Februari 2021 pukul 14.20 WIB

Evelyn. (2020). Mengenal Cosplay, Budaya Poupler Jepang yang Dicintai Banyak Orang. Diakses dari https://japanesestation.com/culture/history/mengenal-cosplay-budaya-populer-jepang-yang-dicintai-banyak-orang Pada tanggal 4 Februari 2021 pukul 14.20 WIB

Larasati, Novi Hardita. (2020). Pengertian Remaja Menurut Para Ahli dan WHO. Diakses dari https://www.diadona.id/family/pengertian-remaja-menurut-para-ahli-dan-who-200530i.html Pada tanggal 24 Februari 2021 pukul 11.49 WIB

Poer. (2019). ILUSTRASI: Gambar Untuk Memperjelas Tulisan. Diakses dari https://www.freedomnesia.id/ilustrasi/ Pada tanggal 20 April 2021 pukul 20.50 WIB

Ramadhan, Wahyu. n.d. Jenis-jenis Komik, dari Novel Grafis hingga Webtoon. Diakses dari https://kreativv.com/jenis-jenis-komik/ Pada ttanggal 7 September 2021 pukul 17.00 WIB

Riadi, Muchlisin. (2020). Komik (Pengertian, Unsur, Jenis dan Teknik Pembuatan). Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2020/08/komik-pengertian-unsur-jenis-dan-teknik-pembuatan.html Pada 4 Februari 2021 pukul 20.35 WIB

Webtoon, Line. (2020). The Editors. Diakses dari https://www.webtoons.com/id/drama/the-editors/tips-membuat-webtoon/viewer?title_no=1870&episode_no=5 Pada tanggal 16 Februari 2021 pukul 21.00 WIB

Downloads

Published

2021-12-22