Komik Strip Tentang Cara Menjaga Kesehatan Mata di Masa Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Usia 9-16 Tahun

Authors

  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh’firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Brigitte Theanita Halim Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v5i2.438

Keywords:

Komik Strip, Instagram, Kesehatan Mata, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi COVID-19 mengharuskan pelajar untuk melakukan pembelajaran secara daring. Selain untuk sekolah daring, pelajar banyak menghabiskan waktunya menggunakan gadget untuk keperluan lain. Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan masalah penglihatan pada pelajar berusia 9-16 tahun yang sedang dalam masa pubertas. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi. Tahapan pembuatan perancangan ini adalah mempersiapkan konsep berdasarkan penelitian dan melakukan proses pembuatan karya seperti sketsa, outlining, coloring dan editing. Perancangan ini menghasilkan komik strip mengenai cara menjaga Kesehatan mata di masa pembelajaran daring bagi pelajar usia 9-16 tahun berjudul “Cerita Mata Kita” yang dipublikasikan dalam akun Instagram @komik_ceritamatakita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung. (2020, 05 Mei) Mencegah Myopia Booming di Tengah Pandemi Covid-19. Diakses dari ugm.ac.id pada 8 April 2021 pukul 13.44 WIB. https://www.ugm.ac.id/id/berita/19386-mencegah-myopia-booming-di-tengah-pandemi-covid-19

Azzura, F. (2019). Perkembangan Komik Strip di Era Media Sosial Tahun 2005 — 2015. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 8(1) — p, 62-71. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/serupa/article/view/14853

CENTERS FOR DISEASE CONTROL AND PREVENTION. (Nd). Child Development: Middle Childhood (9-11 Years). Diakses dari cdc.gov pada 26 Februari 2021 pukul 18:59 WIB. https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/facts.html

Chandler, K. (2015, 10 September). Literacy Milestones 9-10. Diakses dari kidspot.com.au pada 12 Februari 2021 pukul 19:00 WIB. https://www.kidspot.com.au/school/preschool/preschool-literacy/literacy-milestones-910/news-story/386203381a6ba603ca6b6c463be33394#

Chandra, J., & Kartadinata, E. (2018). Hubungan antara durasi aktivitas membaca dengan astenopia pada mahasiswa. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(3), 185-190. https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/40/30

Espinosa, H. (2014). The 5 Choices of Comics Theory and What It Has to do with You. Diakses dari ucreative pada 21 Agustus 2021 pukul 22:37 WIB. https://www.ucreative.com/articles/comicstheory1/

GreatSchools. (2010, 13 September). Child Development: 13 — To — 16-Year Olds. Diakses pada 26 Februari 2021 pukul 18:57 WIB. https://www.greatschools.org/gk/articles/child-development-13-to-16-year-olds/

Rsjakarta. (2021, 26 Maret). Mengenali Rabun Jauh (Miopia). Diakses dari rsjakarta.co.id pada 20 April 2021 pukul 14:37 WIB

The Impact of Myopia and High Myopia: Report of the Joint World Health Organization-Brien Holden Vision Institute Global Scientific Meeting on Myopia, University of New South Wales, Sydney, Australia, 16-18 March 2015. Geneva: World Health Organization; 2017. Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO

Widiyana, E. (2020. 27 Juli). Waspada Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Daring. Detiknews. Diakses dari news.detik.com pada 21 Oktober 2020 pukul 18:39 WIB. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5109681/waspada-kesehatan-mata-anak-selama-belajar-daring

Widiyanto, D. (2020, 26 April) Hati-hati, Bahaya Belajar Sistem Daring Bagi Kesehatan Mata. KrJogja.com. Diakses dari www.krjogja.com pada 21 Oktober 2020 pukul 18:21 WIB. https://www.krjogja.com/angkringan/gaya-hidup/kesehatan-dan-seksualitas/dr-suharjo-pak-octo/

Downloads

Published

2021-12-22