Perancangan Seri Kartu Pos "Kirtimukha" Menggunakan Teknik Cetak Digital Fuji Xerox Iridesse Special Color
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v6i1.463Keywords:
kartu pos, candi, iridesse, laser, cetak digital, reliefAbstract
Popularitas hobi korespondensi kartu pos di Indonesia kembali meningkat sejak 2012 sejak munculnya Postcrossing.com. Selain kartu pos yang beredar di toko-toko cindera mata, setelah munculnya Postcrossing.com bermunculan kartu-kartu pos dengan tema-tema unik tentang Indonesia dengan berbagai macam teknik cetak. Salah satu tema yang populer di Indonesia adalah kartu pos bertema candi. Pada tahun 2019, mesin cetak laser Fuji Xerox Iridesse yang memiliki fitur toner dengan warna khusus diperkenalkan di Indonesia. Warna khusus yang dimaksud adalah warna Gold dan Silver, White, serta Clear. Warna Gold dan Silver merupakan toner berwarna metalik, White merupakan toner putih yang bermanfaat untuk menjadi dasaran toner CMYK pada permukaan gelap dan transparan, sedangkan Clear merupakan toner bening yang memberikan efek mengkilap pada permukaan kertas. Mesin ini dapat diset menggunakan dua di antara warna tersebut sebagai tambahan dari warna CMYK. Kehadiran Fuji Xerox Iridesse dengan fitur Special Color-nya merupakan hal yang relatif baru di Indonesia dan belum banyak dieksplorasi dalam perancangan karya desain grafis. Perancangan seri kartu pos “Kirtimukha” ini merupakan eksperimen untuk mengeksplorasi fitur warna khusus Gold dan Silver pada mesin cetak laser Fuji Xerox Iridesse untuk penciptaan karya desain grafis sekaligus respon dari fenomena populernya korespondensi kartu pos di Indonesia khususnya tema candi.
Downloads
References
Ambrose, G., & Harris, P. (2009). The Fundamentals of Graphic Design. Bloomsbury Academic.
Badan Standardisasi Nasional. (2017). [002] Abolisi SNI (1 Nov - 30 Nov 2017). BSN.go.id. https://bsn.go.id/main/sni/isi_sni/66
Badan Standarisasi Nasional. (2002). Ukuran Kartu Pos (SNI 19-6653-2002; hal. 1—10). Badan Standarisasi Nasional.
Frascara, J. (2004). Communication Design: Principles, Methods, and Practice. Allworth Press.
Fuji Xerox Korea. (2019). Iridesse(TM) Production Press Design Guide (1.0). Fuji Xerox Korea Co.,Ltd.
Gugganig, M., & Schor, S. (2020). Multimodal Ethnography in/of/as Postcards. American Anthropologist, 122(3), 691—697. https://doi.org/10.1111/aman.13435
Jayanti, T. B. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN URBAN HERITAGE TOURISM KOTA CIREBON, JAWA BARAT. Jurnal Koridor, 8(2), 195—205. https://doi.org/10.32734/koridor.v8i2.1347
Kubontubuh, C. P., & Martokusumo, W. (2020). Meeting the past in the present: authenticity and cultural values in heritage conservation at the fourteenth-century Majapahit heritage site in Trowulan, Indonesia. International Journal of Heritage Studies, 26(5), 469—479. https://doi.org/10.1080/13527258.2019.1652923
Loita, A. (2018). Simbol-simbol dalam Gunungan Wayang Kulit Jawa. Jurnal Pendidikan Seni, 1(2), 60—65. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/magelaran/article/view/463
Maryanto, G. (2016). Cerita Bergambar Relief Karmawibhangga Candi Borobudur Buku Pertama (Brahmantara, J. Kurniawan, & A. Hilal (ed.)). Balai Konservasi Borobudur Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Menteri Komunikasi dan Informatika. (2013). Lampiran I Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2013.
Nurrohman, A. (2016). PENERAPAN ORNAMEN CANDI KALASAN SEBAGAI MOTIF BATIK PADA BUSANA PRIA.
Postcrossing Lda. (2020). Countries and Territories in Postcrossing. Postcrossing. https://www.postcrossing.com/explore/countries
Pradita, D., & Nugroho, A. (2020). Relief Candi Borobudur, Prasasti, dan Berita Asing: Visualisasi Perburuan Masa Mataram Kuno. Jurnal Sejarah, 3(2), 63—72. https://doi.org/10.26639/js.v3i2.264
PT Pos Indonesia. (2012). Kamus Istilah Filateli (2012 ed.). PT Pos Indonesia (PERSERO) Bagian Filateli.
Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Desain Komunikasi Visual. Jalasutra.
Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3378
Solihin, A. (2011). FILOSOFI DAN MAKNA KAYON ATAU GUNUNGAN DALAM WAYANG. Seni-Budaya Indonesia. http://indoborneonatural.blogspot.com/2011/12/filosofi-dan-makna-kayon-atau-gunungan.html
Sunaryo. (2008). Ornamen Nusantara. Dahara Prize.
Syafii. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ornamen Berbasis Candi di Jawa Tengah: Studi Identifikasi Candi Gedongsanga. Jurnal Imajinasi, 11(2), 117—124. https://doi.org/10.15294/IMAJINASI.V11I2.12813
Theresia, M., Rauh Artana, I. N., & Wiriani, N. M. (2019). Kajian Semiotika Pada Desain Kartu Pos GotÅchi ForumukÄdo Prefektur Toyama. Humanis, 23(2), 126. https://doi.org/10.24843/jh.2019.v23.i02.p08
Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual: Edisi Revisi. Jalasutra.
Universal Postal Union. (2004). Termpost. TERMPOST terminology database. https://upu.multitranstms.com/TERMPOST/Web.mvc
Xerox Corporation. (2018). Be Brilliant. Xerox Corporation. https://www.xerox.com/en-us/digital-printing/digital-presses/iridesse-production-press