Video Stop Motion Cerita Rakyat Babad Tulungagung Untuk Anak-Anak Usia 6-8 Tahun

  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Satria Agung Wicaksono Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Stop motion, Video, Cerita rakyat, Babad Tulungagung, Budaya

Abstract

Salah satu warisan budaya Indonesia adalah cerita rakyat yang sangat beragam di seluruh daerah di Indonesia. Kabupaten Tulungagung salah satunya, memiliki cerita rakyat Babad Tulungagung. Saat ini cerita rakyat Babad Tulungagung sudah jarang diketahui oleh masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Perancangan ini ditujukan untuk melestarikan cerita rakyat Babad Tulungagung pada anak-anak usia 6 — 8 tahun dengan menggunakan media audio visual berupa video stop motion. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif yaitu wawancara dengan salah satu budayawan di Kabupaten Tulungagung. Metode perancangan yang digunakan adalah penerapan metode Design Thinking dari Gavin Amborse dan Paul Harris yang memiliki lima tahapan yaitu (1) define; (2) research; (3) ideate; (4) implement; (5) learn. Hasil dari perancangan ini berupa video stop motion yang dibagi menjadi dua jenis yaitu trailer version dan full version yang teridiri dari lima serial video dengan durasi 5 menit per video yang diunggah melalui media digital YouTube. Dari uji coba publikasi media utama dalam perancangan ini didapatkan feedback sebanyak 222 views, 101 likes, 29 comments. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual berupa video stop motion Babad Tulungagung yang dipublikasikan melalui media digital youtube dapat lebih mudah dinikmati target audiens.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amborse, Gavin dan Harris, Paul. (2010). Design Thinking. Switzerland.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital — Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Hukubun, Lejar Daniarta. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Suku Malind. Jurnal Seni dan Desain.

KBBI. Cerita Rakyat. Dari https://kbbi.kata.web.id/cerita-rakyat/ Pada tanggal 20 Februari 2021 pukul 20.50 WIB

Marijuana, D. (2018). Apa Saja 6 Aspek Pada Perkembangan Anak di Usia Dini? Dari https://www.guesehat.com/apa-saja-6-aspek-perkembangan-anak-di- usia-dini Pada tanggal 20 Februari 2021 pukul 20.50 WIB

Maulani, Annisak. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion Cerita Fabel Untuk Bahasa Jawa SD Kelas Rendah Di Kabupaten Magelang.

Merdiyatna, Yang Yang. (2019). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Panjalu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Priyanto, Agus. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02. 2014.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J.N., Alnashava, P. (2018). Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda.

Tinarbuko, Sumbo. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman. Yogyakarta: Caps.

Wijayanto, A. (2014). Perancangan Animasi 3D Dengan Menggunakan Teknik Stop Motion dan Particle System.Tanjungpura: Universitas Tanjungpura.

Yasip. (2017). Representasi Kearifan Lokal Dalam Babad Tulungagung.

Published
2022-07-25
Section
Articles