Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Ilmu Pengatahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 SD

Authors

  • Rossyta Wahyutiar Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Handy Anggarda Sabara Putra Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v6i1.498

Keywords:

Buku Ilustrasi, Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Pendidikan bukan hanya mengenai mengantarkan siswa - siswi ke sekolah, tetapi pendidikan juga merupakan pembentukan karakter dan mendapatkan ilmu. Terlebih untuk pendidikan SD dimana usia sangat memengaruhi kepribadian seseorang terhadap pendidikan. Sulitnya dimengerti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di bangku kelas 3 SD membuat siswa enggan untuk belajar, sehingga peneliti bertujuan membuat buku ilustrasi, karena dengan media tersebut peneliti dapat lebih mudah menuangkan maksud yang ingin disampaikan kepada target audience, tentunya dengan tampilan yang menarik dan alur cerita yang seru. Tema yang diangkat adalah IPA, serta didukungnya kegiatan wawancara dengan narasumber selaku guru IPA di salah satu sekolah swasta yang berada di Kota Surabaya yang mengungkapkan bahwa materi IPA adalah salah satu materi yang susah dipahami oleh kebanyakan siswa. Berdasarkan hasil dari wawancara tersebut, peneliti merancang sebuah media buku ilustrasi yang berisikan mengenai materi pelajaran IPA yang sekiranya cukup susah untuk dipahami. Tentunya perancangan media ilustrasi ini didukung dengan kegiatan wawancara pada narasumber yang tepat, serta penulis juga mengumpulkan teori-teori yang memperkuat proses perancangan buku ilustrasi ini. Hasil akhir dari perancangan buku ilustrasi ini adalah 3 buku ilustrasi yang dibagi menjadi 3 seri dengan judul “Mengenal Perkembangbiakan Tumbuhan”, “Mengenal Macam-macam Sumber Energi”, dan yang terakhir yaitu “Mengenal Hidrologis dan Perubahan Wujud Benda. Tidak hanya itu, media pendukung dan media promosi juga ikut dirancang mulai dari mug, kaos, gantungan kunci, pin, dan stationery set. Kemiudian, untuk media promosinya penulis juga merancang brosur, poster, dan x-banner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Diakses dari: http://digilib.unila.ac.id/1424/8/BAB%20II.pdf. Pada tanggal 5 September 2018 Pukul 12.29 WIB

Natali Putra, Antonius. 2012. Perancangan Buku Ilustrasi Sejarah Musik Keroncong. Diakses melalui: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-24159-3404100104-Chapter1.pdf. pada Kamis 6 Agustus 2018 pada pukul 19.30 WIB.

Powler, (dalam Winaputra, U. 1992:122). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA. Diakses pada tanggal 7 September 2018 Pukul 08.54 WIB

Samatowa, Usman. (2006) Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar Panjaskes. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Diakses dari: https://solaangsa.wordpress.com/2012/01/28/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar/. Pada tanggal 9 September 2018 Pukul 15.45 WIB

Srini M. Iskandar. (1996/1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Makmun (1995). Perkembangan anak. Bandung Remaja Rosdakarya. Diakses dari: https://solaangsa.wordpress.com/2012/01/28/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar/. Pada tanggal 9 September 2018 Pukul 17.08 WIB.

Downloads

Published

2022-07-25

Issue

Section

Articles