Desain Puzzle Sebagai Media Untuk Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun

Authors

  • Briantito Adiwena Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Janet Aldora Institut Informatika Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34148/artika.v6i2.559

Keywords:

permainan, puzzle, motorik halus

Abstract

Pentingnya melatih fisik motorik anak usia dini masih sering diabaikan oleh para orang tua. Padahal perkembangan motorik menjadi tolok ukur dalam menilai tumbuh kembang anak. Permainan puzzle adalah salah satu permainan yang mampu mengasah beragam kemampuan anak usia dini dikarenakan dalam memainkannya memerlukan konsentrasi dan kesabaran. Anak akan dilatih untuk mengingat bentuk gambar, kemudian membongkar dan menyusunnya kembali dengan tepat. Banyaknya jenis permainan puzzle di pasar tentunya memberikan banyak alternatif kepada para orang tua, namun ternyata tidak semua permainan puzzle yang beredar di pasar itu aman untuk dimainkan untuk anak usia dini, terutama puzzle yang berbahan dasar plastik yang banyak ditemui di pasar. Pada perancangan ini selain merancang puzzle sebagai media stimulasi perkembangan motorik halus untuk anak usia 3-5 tahun, puzzle ini juga menggunakan material yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa wawancara dan observasi dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada orang tua yang memiliki anak usia 3-5 tahun. Wawancara ditujukan kepada psikolog anak guna mendapatkan data terkait bagaimana perkembangan motorik halus anak dan penentuan detail desain hewan yang menjadi ilustrasinya. Hasil perancangan ini berupa 4 set permainan jigsaw puzzle dengan bentuk desain menggunakan ilustrasi hewan peliharaan yang sering dijumpai anak-anak. Menggunakan studi ergonomi anak usia 3-5 tahun sebagai dasar penentuan ukuran kepingan sehingga ketika diujikan kepada anak usia 3-5 tahun, kepingan puzzledapat digenggam dengan nyaman dan permainan dapat berjalan dengan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apa Saja Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak? Halaman all - Kompas.com (tanpa tanggal). Tersedia pada: https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/12/160300023/apa-saja-manfaat-bermain-puzzle-untuk-anak-?page=all (Diakses: 30 September 2022).

Aulina, C. N. (2017) Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini, Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. doi: 10.21070/2017/978-979-3401-56-0.

Bioduco Solid Colour - Bio Industri Omnipresen (tanpa tanggal). Tersedia pada: https://www.bioindustries.co.id/product/bioduco-solid-colour-cat-duco-water-based (Diakses: 3 Oktober 2022).

Dra. Yasbiati, M. P. dan Gilar Gandana, M. P. (2018) Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=Q4T6DwAAQBAJ.

Ini Manfaat dan Tujuan Bermain bagi Anak Usia Dini Halaman all - Kompas.com (tanpa tanggal). Tersedia pada: https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/14/151917771/ini-manfaat-dan-tujuan-bermain-bagi-anak-usia-dini?page=all (Diakses: 30 September 2022).

Kemendikbud: Cara Melatih Motorik Kasar dan Halus Anak Usia Dini Halaman all - Kompas.com (tanpa tanggal). Tersedia pada: https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/14/115046171/kemendikbud-cara-melatih-motorik-kasar-dan-halus-anak-usia-dini?page=all (Diakses: 30 September 2022).

M, Z. (2020) Mengenal Jenis-Jenis Kayu di Indonesia. Alprin. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=dJL-DwAAQBAJ.

Studi Global Ungkap Lebih dari 100 Zat Berbahaya Ada di Mainan Plastik Anak Halaman all - Kompas.com (tanpa tanggal). Tersedia pada: https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/04/100500023/studi-global-ungkap-lebih-dari-100-zat-berbahaya-ada-di-mainan-plastik?page=all (Diakses: 30 September 2022).

Downloads

Published

2022-11-30