Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Pengenalan Binatang Langka dan Dilindungi di Pulau Jawa Kepada Anak-Anak Usia 7 - 9 Tahun

  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Ahmad Fathoni Sugiarto Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Binatang Langka Pulau Jawa, Buku Ilustrasi, Anak Usia 7-9 Tahun

Abstract

Di Pulau Jawa terdapat beragam jenis hewan endemik yang terancam punah karena aktifitas manusia, sehingga diperlukan edukasi tentang pengenalan binatang langka di Pulau Jawa guna pemenuhan informasi dan pengetahuan terhadap anak-anak Penelitian ini dilakukan guna merancang buku ilustrasi sebagai media pengenalan binatang langka dan dilindungi di Pulau Jawa terutama bagi anak-anak usia 7 — 9 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berupa wawancara dengan guru Sekolah Dasar dan pihak Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi (IAR) Indonesia, serta beberapa sumber lain seperti buku, jurnal dan internet. Metode perancangan yang digunakan adalah riset, pembuatan sketsa, dan proses digitalisasi. Pemaparan bentuk visual yang atraktif diharapkan dapat menarik perhatian target audience sehingga dapat memahami binatang yang ada di Pulau Jawa. Perancangan ini menghasilkan buku ilustrasi berjudul “PETUALANGAN ZURI DI HUTAN JAWA” membahas sembilan binatang langka yaitu Badak Jawa, Kukang Jawa, Macan Tutul Jawa, Owa Jawa, Elang Jawa, Babi Kutil, Banteng Jawa, Trulek Jawa, dan Surili Jawa. Berisi deskripsi/nama ilmiah binatang, area konservasi/persebaran binatang, jenis makanan dari binatang, ancaman dari binatang, ciri fisik binatang, siklus hidup, serta permainan interaktif pada akhir pembahasan binatang. Serta pembuatan media pendukung berupa banner, flyer, notebook, alat tulis, masker, sticker, magnet bergambar, totebag, t-shirt, dan feed Instagram untuk menunjang media utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dede (2014).Unsur-unsur Dalam Desain. Diakses dari https://kelasdesain.com/unsur-unsur-dalam-desain-grafis/ Pada tanggal 12 Januari 2022 pukul 09.55 WIB

Fattreza, Ihsan. (2021). 9 Satwa Liar Endemik di Pulau Jawa yang Terancam Punah. Diakses dari https://www.internationalanimalrescue.or.id/9-satwa-liar-endemik-di-pulau-jawa-yang-terancam-punah/. Pada tanggal 14 Februari 2022 pukul 19.27 WIB.

Gamal, Thabroni. (2019). Desain Komunikasi Visual (DKV) : Penjelasan lengkap. Diakses dari https://serupa.id/desain-komunikasi-visual-dkv-penjelasan-lengkap/. Pada tanggal 16 januari 2022 pukul 19.11 WIB.

Heru. (2017). Desain Komunikasi Visual-pengertian, ruang lingkup, dan jenisnya. Diakses dari https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-visual. Pada tanggal 16 januari 2022 pukul 15.34 WIB.

Komunikasi, Praktis. (2018). Pengertian, Prinsip, Unsur Desain Komunikasi Visual. Di akses dari https://www.komunikasipraktis.com/2018/09/pengertian-prinsip-dan unsur desain.html pada 16 januari 2022 pukul 21.01 WIB.

M, Prawiro. (2019). Pengertian Ilustrasi: Arti, Fungsi, Jenis, dan Contoh Ilustrasi. Diakses dari https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian ilustrasi.html pada tanggal 31 januari 2022 pukul 10.28 WIB.

Published
2022-11-30
Section
Articles