Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Pelajar Usia 14 - 18 Tahun

  • Rossyta Wahyutiar Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh’firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Hartanto Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Buku Ilustrasi, Pembelajaran Daring, Kesehatan Mental

Abstract

Pembelajaran online menggunakan platform seperti website, email, atau video konferensi melalui perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Namun, disamping dampak positif yang diberikan, pembelajaran secara daring juga memberikan dampak yang negatif pada para pelajar, terutama masalah psikologis. Masalah psikologis yang sering dikeluhkan antara lain stres hingga depresi dan gangguan kecemasan. Depresi adalah suatu keadaan yang akan mempengaruhi individu tersebut baik secara afektif, fisiologis, kognitif maupun perilakunya, sehingga mampu mengubah pola serta respon yang biasa dilakukan. Diciptakannya sebuah buku dengan adanya ilustrasi dapat menarik perhatian pembaca dan mempermudah seseorang memahami maksud yang ada. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara) dengan dokter Psikolog. Proses perancangan dimulai dari mencari ide, mendesain karakter, digitalisasi hingga buku siap untuk dicetak menggunakan kertas B5 dan jilid hardcover. Perancangan ini menggunakan media pendukung seperti tote bag, notebook, tumbler, case handphone, Instagram post, kaos, masker, poster, x — banner, dan gantungan kunci. Buku ilustrasi ini diharapkan dapat menarik minat, menambah wawasan, serta mengubah persepsi masyarakat tentang depresi yang menakutkan dan tidak dapat diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, R. I., Utama, J., Siswanto, R. (2015). Perancangan Buku Ilustrasi Untuk Menginformasikan Cara Menjaga Kebersihan Alat Indera Dengan Benar.

Asti, E. (2021). Pengaruh Hubungan Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid — 19 Terhadap Mental Peserta Didik. Vol 2, No. 84.

Brogan, K. (2014). Psychoneuroimmunology –How Inflammation Affects Your Mental Health. Diunduh 11 Februari 2021 dari http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2014/04/17/psychoneuroimunol ogy-inflammation.aspx.

Harvard Health Publication (2009). What causes depression?. Diunduh 11 Februari 2021 dari http://www.health.harvard.edu/mind-and- mood/what-causes-depression.

Nareza, M. (2020, September 12). Kesehatan Mental: Pengertian, Jenis, dan Cara Menjaganya. Retrieved from https://www.alodokter.com/cari-tahu-informasi-seputar-kesehatan-mental-di-sini.

Priyata, A., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Anxiety Disorder sebagai Media Edukasi Bagi Usia 19-24 Tahun. Vol 20, No. 2.

Sarwono, S.W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jilid Ketiga. Jakarta:

Rajawali Pers.

Soedarso. (2014) Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Majapatih Gajah Mada. Jurnal Humaniora Vol. 05, No. 2.

Sulistyorini, W., & Sabarisman, M. (2017). Depresi: Suatu Tinjauan Psikologis. Vol 3, No. 2, 154.

Wakik, A. (2019). Gaya Ilustrasi Semi Realis Dalam Perancangan Buku Ilustrasi dan Tugas Akhir, Surakarta, Institut Seni Indonesia.

Yanti, M. P., & Nurwulan, N. R. (2021). Pembelajaran Daring Terhadap Depresi, Stres, dan Kecemasan Mahasiswa. Vol 6, No. 1, 58 - 59.

Published
2022-11-30
Section
Articles