Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Aktivitas Domestik Sebagai Media Edukasi Untuk Anak Usia 4-6 Tahun

  • Octavia Tungary Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Kiki Nilasari Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: aktivitas domestik, buku ilustrasi interaktif, anak, usia dini, masa usia keemasan

Abstract

Pekerjaan domestik sering kali menjadi beban dan ditujukan hanya untuk perempuan, namun, baik laki-laki dan perempuan bertanggung jawab atasnya. Tanggung jawab ini dapat diperkenalkan pada anak usia dini atau masa usia keemasan sebagai aktivitas yang menyenangkan sehingga membawa dampak positif di masa depan ketika mereka dewasa. Metode kualitatif digunakan untuk merancang akhir tiga seri buku yang didedikasikan untuk anak laki-laki dan perempuan pada usia 4 sampai 6 tahun. Dalam penyampaian konsep buku, mendongeng, illustrasi, dan aktivitas interaktif digunakan untuk mendapatkan perhatian mereka terhadap tema dan juga untuk meningkatkan minat baca serta kemampuan motorik mereka. Penyajian melalui media kreatif ini membawa pesan-pesan edukatif yang secara tidak sadar akan membentuk pola pikir dan kemandirian anak. Buku-buku sebagai media edukasi ini bertujuan untuk membangun kesadaran anak bahwa pekerjaan domestik sebagai kewajiban yang akan membentuk perilaku mereka sehari-hari dan melawan stereotip yang salah dalam menempatkan pekerjaan domestik sebagai ‘pekerjaan khusus perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Devisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Harun, Mariatul Qibtiyah .2015. “Rethinking Peran Perempuan Dalam Keluarga”. Karsa. Vol. 23. No.1. 2015. Hal 17-35.

Khaironi, Mulianah. 2018. “Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol. 3 No. 1. 2018. Hal 1-12.

Kukuh B.R. 2021. The Importance of Accompanying Children’s Thinking Development in the Golden Age. Diakses pada tanggal 29 Mei 2023 dari https://psikologi.ugm.ac.id/en/the-importance-of-accompanying-childrens-thin king-dev elopment-in-the-golden-age/

Kusuma, Dwi Putra. & Jannah. Miftakhul. 2013. “Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanakkanak Assalam Surabaya” Character: Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 1. No.3.

Landa, Robin. 2019. Graphic Design Solutions. USA: Cengage.

Maria Ansela Sudi. 2015. Masih Menganggap Remeh Ibu Rumah Tangga? Think Again!. Diakses pada tanggal 31 Mei 2023 dari https://blog.unnes.ac.id/anselasudi/?p=25

Prakosa, Rudy Firman. & Tontowi, Alva Edy. 2010. “Perbedaan Metode Rasional Dengan Kreatif Untuk Mendesain Alat Bantu Pasang Lampu”. Forum Teknik. Vol.33. No.2.2010. Hal 111-124.

Puspita, Novita Riani. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Aktivitas Sehari-Hari Pada Anak Prasekolah Di Tk Enggang Putih Samarinda (Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Samarinda).

Nurhadi Sucahyo. 2021. Pakar: Indonesia Harus Tempatkan Tugas Domestik sebagai Pekerjaan. Diakses pada tanggal 29 Mei 2023 dari https://www.voaindonesia.com/a/pakar-indonesia-harus-tempatkan-tugas-dom estik-sebagai-pekerjaan/5859824.html

Oey, Fanny Waluyanto. 2013. "Perancangan Buku Interaktif Pengenalan Dan Pelestarian Sugar Glider Di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun." Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol 1. No.2. 2013.

Virginia, Yefie. 2017. Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan (skripsi Universitas Negeri Semarang).

Harun, Mariatul Qibtiyah .2015. “Rethinking Peran Perempuan Dalam Keluarga”. Karsa. Vol. 23. No.1. 2015. Hal 17-35.

Published
2023-08-03
Section
Articles