Perancangan Motion Graphic Tentang Pengaruh Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Pertama

  • Meutia Braniwati Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Christyan Budi Susilo Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Kornelius Reynaldo Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Motion Graphic, Media Sosial, Pelajar Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Mulai dari orang dewasa hingga anak kecil terbiasa menggunakan smartphone. Penggunaan secara berlebihan terjadi ketika mengakses media sosial sehingga dapat memberikan dampak negatif. Perancangan ini bertujuan sebagai sarana edukasi dan informasi mengenai dampak yang ditimbulkan oleh pengaruh sosial media terhadap perilaku dan mental anak. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif yaitu wawancara kepada guru di Sekolah Menengah Pertama Kalam Kudus dan Dharma Mulia Surabaya. Selain itu berupa kuesioner identifikasi masalah kepada pelajar sekolah menengah pertama. Metode perancangan yang dilakukan yaitu mulai penyusunan ide dan konsep, perancangan alur konten serta storyboard yang akan disusun dalam bentuk video motion graphic. Hasil penelitian ini berupa perancangan video motion graphic SMART G Cerdas Dalam Bermedia Sosial yang diupload pada kanal Youtube. Media pendukung yang dirancang beruapa Merchandise terdiri dari baju, gantungan kunci, tumbler, alat-alat tulis (ballpoint, penggaris, penghapus, pensil). Perancangan ini diharapkan memberikan pemahaman kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama mengenai pengaruh media sosial dan beberapacara untuk mengurangi dampak-dampak negatif media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W. 2008. Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions.

Fatmawati, Nurul. Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. Diakses 25 Juni 2023. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknlsemarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html

Gani, Alcianno. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Diakses 26 Januari 2017.

https://www.academia.edu/24541599/Pengaruh_Media_Sosial_Terhadap_Perkembangan_Anak_Remaja

M. Hanafi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip, vol. 3, no. 2.

Harianti, Baiq Intang. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Dikalangan Pelajar. Diakses 25 Juni 2023.

https://radarsumbawa.id/2020/10/28/pengaruh-media-sosial-terhadapperkembangan-dikalangan-pelajar/

I. Suryani, Liliyana, M. Handar, R. Ekasuci, 2020. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi Radio Mersi 93.9 Fm, Jurnal Komunikasi, vol.11, no.1, pp. 67-76,

Supangat and M. Bin Saringat, “Development of e-learning system using felder and silverman’s index of learning styles model,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 9, no. 5, pp. 8554—8561, 2020, doi: 10.30534/ijatcse/2020/236952020

Nurudin. 2012. Buku Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

S. Nurjanah. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Cyberbulliying Pada Siswa SMAN 12 Pekanbaru. Jom FISIP, vol. 1, no. 2, pp. 1—8.

W. S. R. Putri, N. Nurwati, and M. B. S. 2012. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja, Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, 2016, doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625

Y.A. Sarbani, Lestari. 2022. Strategi Promosi Universitas Swasta melalui Instagram Pengamatan Terhadap Akun Instagram Resmi 6 Universitas Swasta Unggulan di Jawa Timur, Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, vol.10, no.2. pp.150-165.

Published
2023-08-03
Section
Articles