Penciptaan Komik Webtoon Sebagai Sarana Edukasi Bagi Remaja Tentang Perilaku Berkomentar Yang Baik Di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v7i1.660Keywords:
Cyberbullying, Remaja, Media SosialAbstract
Keberadaan media sosial dapat menimbulkan fenomena yang menyebabkan adanya tindakan kebencian yang akrab dikenal dengan istilah cyberbullying. Fenomena cyberbullying kerap kali terjadi pada anak-anak muda yang masih menjajaki usia remaja awal. Tindakan cyberbullying umumnya bermanifestasi sebagai komentar negatif atau ekspresi permusuhan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tindakan berkomentar secara negatif yang mengandung kebencian tersebut dilakukan oleh para remaja didasari dengan pencarian jati diri untuk membangun rasa superioritas dan dominasi atas orang sekitarnya, khususnya pada korban cyberbullying. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui komik edukatif yang disusun, para remaja menjadi lebih peka terhadap akibat dari tindakan cyberbullying. Komik ini menggambarkan secara realistis konsekuensi emosional yang dialami oleh korban cyberbullying serta membahas dampak negatif yang ditimbulkan oleh tindakan kebencian tersebut. Pengenalan akan pentingnya empati dan toleransi di dalam komik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para remaja akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh tindakan cyberbullying. Dengan demikian, penciptaan komik ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja mengenai tindakan cyberbullying dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang akibat yang merugikan dari tindakan kebencian tersebut. Diharapkan inisiatif ini akan berkontribusi pada penurunan prevalensi cyberbullying di Indonesia, dengan menciptakan lingkungan daring yang lebih aman dan toleran bagi semua penggunanya.
Downloads
References
Agnes. (2016). Line Webtoon sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume XX, Nomor 2.
Anderson, M., et al. (2017). The Impact of Cyberbullying and Cyber Victimization on School Climate. Journal of School Psychology, 62, 79-88.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2021). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2021. Diakses pada [15 Mei 2023], dari [https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022].
Badan Siber dan Sandi Negara. (n.d.). Retrieved from https://bssn.go.id/
Brown, A. (2018). Understanding Cyberbullying: Prevalence, Consequences, and Intervention Strategies. Journal of Adolescent Health, 62(6).
Brown, A., et al. (2018). Loneliness and Internalizing Symptoms: The Indirect Effects of Cyberbullying Victimization. Journal of Youth and Adolescence, 47(7), 1383-1393.
Choi, K., et al. (2019). Effectiveness of a Webtoon-based campaign for increasing HPV vaccination: A pilot study in Korean college students. Human Vaccines & Immunotherapeutics, 15(11), 2622-2629.
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2018). Cyberbullying: Identification, Prevention, and Response. Retrieved from [https://cyberbullying.org/Cyberbullying-Identification-Prevention-Response-2018.pdf]
Johnson, D. L., et al. (2019). The Associations between Cyberbullying Victimization and Depressive Symptoms: A Longitudinal Examination of Vulnerability and Resilience Factors among Adolescents. Journal of Adolescent Health, 65(2), 212-219.
Jones, S. C., Manstead, A. S. R., & Livingstone, S. (2020). Taking back control: Reducing the impact of cyberbullying on young people’s mental health. Journal of Children and Media.
Kim, K. H. (2015). The rise of Korean webtoons and Korean youth culture. Journal of Fandom Studies, 3(2), 139-157.
Koh, E. (2020). Digital webtoon and the changing landscape of the Korean comics industry. Journal of Fandom Studies, 8(2), 201-216.
Kompas.com. (2021, 19 Maret). 41% Peserta Didik Melaporkan Alami Perundungan Online. Kompas.com. Retrieved from [Kompas.com]
Laurel, B. (2003). Design research: Methods and perspectives. MIT Press.
Lim, H., & Park, H. (2021). Digital illustration: A study of the creativity process and the role of digital tools. International Journal of Art and Design Education, 40(1), 118-130.
Livingstone, S., Smith, P. K., & Kowalski, R. M. (2019). Cyberbullying: Bullying in the digital age (3rd ed.). John Wiley & Sons.
Livingstone, S., & Helsper, E. (2019). Parental mediation of children’s internet use. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 63(1), 82-98.
Pew Research Center. (2018). Teens, Social Media & Technology 2018. Diakses pada [15 Mei 2023], dari [https://www.pewresearch.org/internet/2018/05/31/teens-social-media-technology-2018/]
Philip Kottler dan Kevin Lane Keller. (2016). Handbook Of Research of Effective Advertising Strategies in The Social Media Age. Cambridge: IGI Global.
Ryoo, H. Y., & Kim, S. (2018). The narrative nature of webtoon and its potential for educational application. Journal of Media Literacy Education, 10(2), 85-100.
Setiawan, A., et al. (2020). Prevalence and Form of Cyberbullying among Indonesian Adolescents. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 1-10.
Smith, J.D., Maras, D., & Carr, E. R. (2019). Too Much Screen Time, Too Little Sleep, and Cyberbullying: Adolescent Mental Health in The Digital Age. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.
Smith, P. K., et al. (2020). Cyberbullying: Its Nature and Impact in Secondary School Students. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 61(7), 766-782.
Taylor, C. (2021). Cyberbullying: An Overview of Definitions, Prevalence, and Impact. Journal of School Violence, 20(1), 5-20.
United Nations Office on Drugs and Crime. (2013). Comprehensive Study on Cybercrime. Retrieved from [https://www.unodc.org/documents/organized-crime/UNODC_CCPCJ_EG.4_2013/CYBERCRIME_STUDY_210213.pdf]
Varinder Taprial dan Priya Kanwar. (2012). Understanding Social Media. London: Ventus Publishing ApS.
Wang, J., et al. (2018). The Role of Social Media in Shaping Attitudes and Behaviors Associated with Substance Abuse: A Literature Review. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 21(5), 285-296.