Redesain Konten Instagram Interaktif Sebagai Media Promosi Seblak Dapur Mini

  • Intan Octano Budi Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Seblak Dapur Mini, Instagram, Konten Interaktif

Abstract

Instagram kini menjadi media promosi yang banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha, salah satunya Seblak Dapur Mini yang bergerak di bidang kuliner. Namun, konten yang disajikan menampilkan ilustrasi, foto, dan warna yang inkonsisten, layout tumpang tindih, dan font yang kurang terbaca. Della Rika Damayanti selaku pemilik usaha kurang memahami dan tidak memiliki kemampuan mendesain konten Instagram. Sehingga dilakukanlah redesain konten Instagram Seblak Dapur Mini menjadi konten interaktif untuk memperkuat identitas sekaligus menarik interaksi konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis SWOT dan metode perancangan Design Thinking. Proses redesain konten diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur, dan analisa kompetitor. Desain dibuat menggunakan elemen visual yang seragam dengan tema casual dan playful, menggunakan jenis ilustrasi dekoratif, font display “Take Looks” dan sans serif “Poppins”, menggunakan paduan warna merah, hitam dan cokelat, serta jenis layout axial dan circus. Perancangan ini menghasilkan konten Instagram berupa cover highlight, feed, story, dan reels. Dari hasil uji coba terbatas kepada konsumen, konten yang telah dikembangkan dinilai memiliki tampilan yang lebih baik dan dapat mendorong konsumen untuk memberikan umpan balik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, S. A. (2022). Konsep Feminine Pada Desain Feeds Instagram “Mitra Sehat Skincare". Barik, 3(3), 16-29. Dipetik Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/47852

Fadly, M. F. (2023). Data Pengguna Sosial Media Aktif Terbaru 2023. Dipetik 03 26, 2023, Dari https://bertuahpos.com/berita/data-pengguna-sosial-media-aktif-terbaru-2023.html

Ion Interactive. (2019). The what, why and how of interactive content marketing. Boca Raton: Ion Interactive. Dipetik 02 06, 2023 dari https://mediatrustradius.com

Kariim, H. N. (2020). Perancangan Feed Instagram Iffa Dewi Muslim Wedding Service. Barik, 1(1), 194-208. Dipetik dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35551

Lestari, R. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Megadini, R. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Barik, 3(1), 69-81. Dipetik dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42446

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Upn ”Veteran” Yogyakarta Press.

Naji, L. S. (2021). The Effect Of Programmatic Advertising, Interactive Content And Promotion Strategy Towards Brand Management In The Jordanian Context. Turkish Jurnal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(14). Dipetik Dari https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/10659

Nugeraha, A. (2020). Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal Di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-15. Dipetik dari https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4242

Saputra, A. I. (2013). Perancangan Media Promosi Denaro Pizza Dan Resto Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, L. (2016). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Nama Buah-buahan dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Berbasis Karakter Untuk Anak-anak TKLB-B Karya Mulia Surabaya.

Taylor, J. (2023). Interactive Content: 10 Types To Engage Your Audience. Dipetik 02 18, 2023, dari https://www.searchenginejournal.com/interactive-content-types-engage-your-audience/476545/#close

Wijaya, S. G. (2022). Perancangan Stock Illustration Di Florto Studio. Denpasar: Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Yudhistira. (2023). 7 Contoh Media Promosi yang Efektif untuk Pemasaran Bisnis. Dipetik 02 02, 2023, dari https://www.bhinneka.com/blog/contoh-media-promosi-adalah/

Published
2023-08-03
Section
Articles