Redesain Logo Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Merek UD. Usahabaru

  • Briantito Adiwena Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Septio Elson Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Steven Fernando Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Leonardo Leonardo Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Prado Prado Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Richard Martino Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: redesain, logo, identitas merek

Abstract

Identitas merek atau brand adalah salah satu hal penting dalam pembangunan atau pengembangan sebuah brand agar memiliki brand yang kuat di pikiran masyarakat dan konsumen. Identitas merek pada sebuah brand merupakan sebuah penggambaran dari visi-misi yang dimiliki. Pemilihan elemen desain yang ada perlu memikirkan kesesuaiannya dengan tujuan maupun sektor dimana brand tersebut berada, begitu pula pada brand Usahabaru yang menjual berbagai sembako. Merancang identitas merek pada Usahabaru ini memiliki tantangan mengingat banyak usaha sejenis yang ada dimasyarakat. Perancangan ini mengacu pada kebutuhan Usahabaru untuk memperkuat diri sebagai salah satu brand penyedia sembako yang dapat diingat dengan mudah oleh konsumennya, sehingga baik warna, garis, maupun elemen desain lainnya dirancang untuk kebutuhan tersebut. Perancangan ini melalui proses eksplorasi untuk mendapatkan filosofi yang dihunakan sebagai dasar perancangan logo dari Usahabaru. Logo ini dapat diaplikasikan pada berbagai kebutuhan brand mulai dari interior, eksterior, kebutuhan pengemasan sampai pada kebutuhan pemasaran dan pengenalan brand tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambrose, G., & Harris, P. (2010). Basics Design 08: Design Thinking. In Basics Design.

Hussein, A. S. (2018). Metode design thinking untuk inovasi bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=vv-yoQEACAAJ

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191—202.

Rizqiawan, H., & Prihantono, D. (2020). Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan: Perbandingan pada Modern Retail Minimarket dengan Toko Kelontong di Kota Surabaya. Jurnal Manejerial Bisnis, 3(3).

Rusaidah. (2022, July 31). Toko Kelontong Pilih Tetap Bertahan di Tengah Maraknya Ritel Modern. Https://Babel.Tribunnews.Com/. https://babel.tribunnews.com/2022/07/31/toko-kelontong-pilih-tetap-bertahan-di-tengah-maraknya-ritel-modern

Ruslan, A. (2020). Identitas Visual Milenial Dalam Merek Minuman Bubble Tea di Tangerang Selatan. Avant Garde, 8(1), 46—59.

Said, A. A. (2015). KRITERIA DAN MEMILIH JENIS LOGO.

Said, A. A. (2017). Mendesain logo. Fakultas Seni Dan Desain UNM Makassar.

Simon, H. A. (2019). What is Design Thinking? | Interaction Design Foundation. In The MIT Press.

Wijaya, P. Y. (1999). Tipografi dalam desain komunikasi visual. Nirmana, 1(1).

Published
2023-08-29
Section
Articles