Perancangan Destination Branding North Surabaya Amerta

  • Bright Dhiva Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Octavia Ring Ring Tungary Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: North Surabaya Amerta, Destination Branding, Identitas Visual

Abstract

Bangunan-bangunan antik bersejarah peninggalan Belanda di Surabaya Utara memberikan atmosfer kota tua yang terasa istimewa yang tidak dapat ditemukan di bagian Surabaya lainnya. Hal ini menawarkan sebuah potensi wisata yang besar karena merupakan satu-satunya kompleks Kota Tua di Surabaya. Namun, eksposur kompleks Kota Tua Surabaya masih terbatas, khususnya untuk penggiat fotografi. Citra diri dari kota tua masih belum terpancar karena keamanan dan kenyamanan di Surabaya Utara sebagai destinasi wisata masih perlu ditingkatkan kembali sehingga masyarakat tidak menyadari keberadaannya. Oleh karena itu, kesan yang baik perlu diciptakan lewat identitas visual sehingga membuat Kota Tua Surabaya menarik untuk dikunjungi sebagai tempat destinasi wisata. Metode-metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan metode perancangan berupa identifikasi data, analisis, sintesis media, dan evaluasi. Data-data yang telah dikumpulkan digunakan sebagai landasan utama dalam perancangan karya yaitu destination branding bagi Kota Tua Surabaya yaitu nama baru bagi brand, logo, elemen sekunder, corporate identity dan merchandise.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlyana, Yana & Setiawan, Dicky. 2020. “Analisis Komposisi Fotografi Pada Foto Editorial “ELEPHANTS” KARYA STEVE MCCURRY”. Titik Imaji, 2(2)

Nordquist, Richard. 2019. Apa itu Nama Merek?. Diakses pada 10 November 2023 pada https://www-thoughtco-com.translate.goog/what-is-brand-name-1689036?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc.

Sukotjo, Hendri & Radix, Sumanto A. 2010. “Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Participant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis”, 1(2), 216-228.

Subarkah, Alwafi Ridho, Rachman, Junita Budi, & Akim (2020). “destination branding Indonesia sebagai destinasi Wisata halal”. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 84-97

Utaminingsih, Adijati. 2016. “Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara”. Media ekonomi dan manajemen, 31(2).

Wibisono, Anton. 2019. “Memahami Metode Penelitian Kualitatif”. Diakses pada 30 Juni 2023 dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Revias Kurniawan, Monica. 2019. “Perancangan destination branding Desa Wisata Ketenger Kabupaten Banyumas Untuk Mendukung Program Digital destination”.demandia. Diakses pada 7 Juni 2023 dari https://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1897

Instiki. 2023. “Apa itu Marketing Mix? Mengenal Marketing Mix 7P!”. Diakses pada 30 Juni 2023 dari https://instiki.ac.id/2023/04/18/apa-itu-marketing-mix-mengenal-marketing-mix-7p/.

Welianto, Ari. 2020. Sejarah Kota Surabaya. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/31/150500169/sejarah-kota-surabaya?page=all

Suharbi, A. 20. Kota Tua, Destinasi Wisata Sejarah Bernuansa Eropa Klasik di Surabaya. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://www.libur.co/kota-tua-surabaya.

Avicena, Kamila Sayara. 2022. Definisi branding Menurut Para Ahli, Sudah Tahu?. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://www.idntimes.com/business/economy/kamila-sayara-avicena/definisi-branding-menurut-para-ahli-sudah-tahu

Pangestika, Witdya. 2022. branding: Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://www.jurnal.id/id/blog/unsur-jenis-tujuan-dan-manfaat-branding/.

Pramiswara, I Gusti Agun Ngurah Agung Yudha. "Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya". Danapati. Vol 1. No 2. 2021. Hal 128.

Riadi, Muchlisin. 2022. Corporate Identity. Diakses pada 13 November 2023. https://www.kajianpustaka.com/2022/11/corporate-identity.html

Safira, I Nur. 2021. STRATEGI destination branding WISATA PEDESTRIAN FACE OFF JL. HOS COKROAMINOTO OLEH PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO. Diakses pada 14 Oktober 2023. http://eprints.umpo.ac.id/6889/3/BAB%202.pdf.

Kumparan. 2023. Mengenal Arti vintage dan Maknanya di Masa Kini. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://kumparan.com/berita-hari-ini/mengenal-arti-vintage-dan-maknanya-di-masa-kini-21Mi9XGenpE/4

Jatmiko, Bambang P. 2022. 5 Keuntungan Bisnis Anda Tercatat di Google Maps. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://umkm.kompas.com/read/2022/12/03/103919583/5-keuntungan-bisnis-anda-tercatat-di-google-maps?page=all

Hidayat, Rean. 2023. Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli. Diakses pada 14 Oktober 2023. https://tambahpinter.com/pengertian-fotografi-menurut-ahli/

Published
2024-01-01
Section
Articles