Perancangan Board Game Sebagai Media Pengenalan Tujuh Presiden Indonesia Untuk Anak Usia 10-12 Tahun

  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Nicolaus Alexander Lee Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: board game, Tujuh Presiden Indonesia, Ilustrasi, Anak usia 10-12 tahun

Abstract

Indonesia dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Sebagai kepala negara, presiden adalah simbol resmi negara Indonesia. Sementara itu, sebagai kepala pemerintahan, presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari. Indonesia hingga saat ini telah dipimpin oleh tujuh presiden, dan memiliki pencapaian serta latar belakang yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai media pembelajaran kepada anak usia 10-12 tahun guna menanamkan wawasan kebangsaan dan membangun rasa nasionalisme. Dengan membangun rasa nasionalisme pada anak-anak, kita dapat menciptakan generasi yang memiliki koneksi emosional dan tanggung jawab terhadap negara mereka, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang kuat dan berkelanjutan. Perlu adanya media pembelajaran untuk memperkenalkan tujuh presiden Indonesia dengan media yang menyenangkan sehingga dapat menjadi sarana edukasi untuk memperkenalkan tujuh presiden Indonesia. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data dari buku, jurnal dan internet. Selain itu melakukan studi komparator dengan board game yang sejenis untuk menggali data melalui analisis SWOT. Tahapan perancangan meliputi pemilihan tema, pemilihan konsep, tahap desain, tahap prototype, hingga tahap akhir. Perancangan ini menghasilkan board game roll and move dengan nama “7 PRESIDEN INDONESIA” yang memiliki komponen board, tujuh pion akrilik, 140 kartu kuis, 28 kartu kesempatan, 28 kartu penyerang, tujuh kartu biografi, 28 token reward, lencana juara pertama, panduan, dadu, dan packaging. Media pendukung yang digunakan berupa stiker, stiker nama, gantungan kunci, pembatas buku, notebook, kaos, totebag, magnet bergambar, x-banner, dan feed instagram. Hasil uji coba yang didapat memberikan hasil bahwa anak mendapatkan edukasi mengenai tujuh presiden Indonesia melalui permainan yang unik disertai dengan presaingan untuk menyelesaikan kuis secepat mungkin dengan bantuan seperti kartu kesempatan dan kartu penyerang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainul Mufida, “Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun,” Barik 8, no. 2 (2021): 51, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42217.

Elis Maryanti, Asep Sukenda Egok, Riduan Febriandi, “Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 4225, https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1486.

Gunarsa, S. (2006). Psikologi perkembangan anak dan dewasa. Gunung Mulia.

Hadi, M. U. (1998). Memahami desain grafis, katalog pameran desain grafis. LPK Visi.

Istianto, T. (2013). Jurnal DKV Adiwarna. Perancangan board game tentang bercocok tanam di rumah, 1. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/572

Kristalydia, I. (2019). Artika. Perancangan board game edukatif untuk mengenalkan cita-cita bagi anak usia 6-9 tahun, 3. https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/216

Maria Pratami Cahyaningtyastuti, “Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Tentang Pentingnya Merawat Gigi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Maria,” Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Intermedia 02, no. 01 (2020): 45, https://doi.org/10.33479/cd.v2i01.297.

Rohidi, T. R. (1984). Lintasan peristiwa & tokoh seni rupa Indonesia baru. IKIP Semarang Press.

Uswatun Hidayah, Siti Quratul Ain, “Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru,” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 2 (2021): 557–576, https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1020.

ANRI. (n.d.). Merajut harmoni dalam legasi. Khazananh arsip kepresidenan. https://anri-arsipkepresidenan.iheritage.id/dashboard

Published
2024-01-01
Section
Articles