Perancangan Brand Identity Kawasan Wisata Romokalisari Adventure Land di Surabaya

  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Karina Angelina Putra Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Marceline Brenda Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Debrina Natasha Noelia Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Louis Jericho Senjaya Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Putra Elroi Valentino Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: branding destination, Romokalisari Adventure Land, Surabaya Barat

Abstract

Romokalisari Adventure Land memiliki potensi menjadi destinasi wisata yang tinggi, namun banyak wisatawan yang berkunjung terhitung rendah dikarenakan kurangnya promosi dari Romokalisari Adventure Land dan media pendukung yang sudah ada namun belum memadai untuk mendapatkan perhatian masyarakat sehingga Romokalisari Adventure Land dapat mengalami masalah serius karena kurangnya pendapatan yang dapat berujung kesulitan dalam mempertahankan kualitas fasilitas, menutupi biaya operasional, dan kurangnya pemeliharaan. Perancangan ini ditujukkan untuk merancang Brand Identity kawasan wisata Romokalisari Adventure Land. Metode yang digunakan merupakan identifikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Hasil penelitian ini berupa perancangan brand identity kawasan wisata Romokalisari Adventure Land diikuti dengan terciptanya media pendukung dan merchandise. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan informasi tentang keberadaan tempat wisata tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat dengan merancang dan memperbaiki media identitas agar lebih sesuai dan menarik bagi pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

accurate.id. (2023). 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran. https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran/. Diakses, 30 Mei 2023.

deepublishstore.com. (2023). Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan, Sumber dan Metode. https://deepublishstore.com/blog/studipustaka/#:~:text=Studi%20kepustakaan%20adalah%20proses%20membaca,real%20atau%20terasa%20efek%20nyatanya. Diakses, 2 Juni 2023.

Dreambox.id. (2023). Jenis Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan oleh Perusahaan. https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/jenis-strategi-pemasaran-sering-digunakan-perusahaan/. Diakses, 29 Mei 2023.

Frimayasa, Agtovia, Suparman Hi Lawu dan Syamsudin. (2019). Pengaruh Fasilitas Tempat Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Dunia Fantasi (DUFAN) Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Jakarta: Universitas Bima Sarana Informatika.

Ghodeswar, B.M. (2008). Building Brand Identity in Competitive Markets: a Conceptual Model. Journal of Product & Brand Management, Vol. 17 No. 1, pp. 4-12. India: Emerald Group Publishing Limited.

Gramedia.com. (2019). Apa Itu Observasi? Berikut Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya. https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-observasi/. Diakses, 2 Juni 2023.

Gramedia.com. (2020) Pengertian Wawancara: Jenis, Teknik, dan Fungsinya. https://www.gramedia.com/literasi/wawancara/. Diakses, 2 Juni 2023.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonalds. Manado: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Hedynata, M. L., dan Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Surabaya: Universitas Ciputra.

Kotler, P., dan Pfoertsch, W. (2008). Dalam B2B Brand Management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Kusuma, Rai Gede Nara, I Gusti Bagus Adnyanegara dan Made Mariyada Rijasa. (2017). Perancangan Rekreasi di Kota Denpasar. Bali: Universitas Ngurah Rai Bali.

Lamb, J. P. (2009). The Greening of IT: How Companies Can Make a Difference for The Environment. Indiana: IBM Press/Pearson.

Magh’firoh, Restu H. (2022). Perancangan Video Promosi Kawasan Wisata Pantai Bantol Kabupaten Malang. Artika Vol.6 No. 2, 102-103. Surabaya: Institut Informatika Indonesia.

Morissan A. (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa

ranahreaseach.com. (2020) Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-jenis Metode Penelitian. https://ranahresearch.com/metode-penelitian-dan-jenis-metode-penelitian/. Diakses, 29 Mei 2023.

Riadi, Muchlisin. (2019). Pengertian, Bentuk, Strategi dan Langkah-langkah Positioning. https://www.kajianpustaka.com/2019/11/pengertian-bentuk-strategi-dan-langkah-positioning.html?m=1. Diakses, 30 Mei 2023.

Setriyaningtiyas, Heni. (2022). Romokalisari Adventure Land: Rute, Harga Tiket, Wahana, & Fasilitas. https://www.blok-a.com/travel/Romokalisari-adventure-land-rute-harga-tiket-wahana-fasilitas/. Diakses, 15 Juni 2023.

Stanke, Bob. (2022). Positioning Strategy: Types, Tools, and Examples for Positioning Your Brand to Win in 2023. https://www.google.com/amp/s/www.bobstanke.com/blog/positioning-strategy-overview%3fformat=amp. Diakses, 29 Mei 2023.

Statistician.com. Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap. https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html. Diakses, 2 Juni 2023.

umsu.ac.id. (2022). Metode Penelitian Kualitatif adalah. https://umsu.ac.id/metode-penelitiankualitatifadalah/#:~:text=Metode%20penelitian%20kualitatif%20bertujuan%20untuk,subtansi%20makna%20dari%20fenomena%20tersebut. Diakses, 2 Juni 2023.

Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity Third Edition. Canada: John Wiley & Son. Inc.

Rochmawati, Irma. (2020). Metode Perancangan Desain Komunikasi Visual. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Published
2024-01-01
Section
Articles