Penerapan Sustainable Design Terhadap Interior Coffee Shop Ada Apa Dengan Kopi Wiyung Surabaya

  • Calorin Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Catherine Wijaya Universtas Kristen Petra Surabaya
Keywords: Re-desain Interior, Ada Apa Dengan Kopi Surabaya, Coffee Shop, Sustainable Design

Abstract

Ada Apa Dengan Kopi merupakan sebuah Coffee Shop yang dikelola oleh Agensi Antidadah Kebangsaan (AADK) yang berlokasi di Surabaya. Proses redesain ini memiliki tujuan agar Ada Apa Dengan Kopi Surabaya telah memenuhi aspek - aspek desain. Di antaranya kenyamanan, keamanan, estetika dan fungsionalitasnya. Pada project ini, desainer ingin menyelesaikan permasalahan existing. Tidak hanya estetis tetapi juga memperkuat konsep Sustainable Design pada Coffee Shop. Desain interior yang berkelanjutan merujuk pada pendekatan dalam merancang dan mengatur ruang dalam sebuah bangunan yang memperhatikan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi. Dalam konteks penerapan SDGs pada interior coffee shop, sustainable design dapat mencakup aspek-aspek seperti penggunaan material daur ulang, peningkatan efisiensi energi, promosi budaya lokal, pendekatan ramah lingkungan dalam desain furniture, dan lain sebagainya. Pada prosesnya, perancang menggunakan metode Design Thinking dengan melalui metode pengolahan data seperti observasi lapangan, wawancara, dokumentasi. Proses perancangan pada interior Ada Apa Dengan Kopi (AADK) coffee shop ini cukup memberikan pengaruh yang baik karena dengan penerapan Sustainable Design dapat menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan, ruang yang nyaman dan sehat, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitar juga memberikan kontribusi positif terhadap komunitas lokal dan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsimedia. 2021. Penjelasan Arsitektur Berkelanjutan dan Penerapannya Pada Bangunan. https://www.arsimedia.com/2021/03/penjelasan-arsitektur-berkelanjutan-dan.html

Ching, Francis D.K. 2008. Desain Interior; Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Dodsworth, Simon. 2009. Chapter 6: The Human Interface in The Fundamental of Interior Design. AVA Publishing SA. Switzerland.

Kugler, Cecilia. 2007. Interior Design Considerations and Developing the Brief. Principal. Sydney. Australia: CK Design International.

Muzi. 2017. 5 Kelebihan Lantai Parket Engineered. Diakses pada tanggal 11 Mei 2020 dari https://muziparquet.com/5-kelebihan-lantai-parket-engineered/

Priyoga, Iwan. 2010. “Desain Berkelanjutan (Sustainable Design)”. Majalah Ilmiah Universitas Pandanaran Vol 8, No 16. Diakses pada tanggal 17 Januari 2021.

Toffin. 2019. Bisnis Kedai Kopi Makin Menggeliat di 2019. Dikutip melalui Industry Coid, 2019

Published
2024-07-29
Section
Articles