Bunga Dan Perempuan Dalam Scanography dan Mix Media Embroidery
DOI:
https://doi.org/10.34148/artika.v8i2.832Keywords:
Wanita, Bunga, Potret Diri, Skenografi, BordirAbstract
Perempuan merupakan makhluk yang cenderung memiliki sifat lebih perasa dan sensitif, perempuan lebih sering mengalami perubahan suasana hati dengan cepat. Namun perempuan juga kerap kali susah untuk mengungkapkan apa yang tengah dirasakannya. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk mengeksplorasi berbagai perasaan perempuan melalui simbolisme bunga dan menggambarkan kompleksitas dan keragaman emosi perempuan yang seringkali diungkapkan lewat kata-kata. Penggunaan objek bunga pada karya ini adalah untuk merepresentasikan sebuah perasaan perempuan, imajinasi terhadap sebuah bunga yang kemudian akan direpresentasikan sebagai sebuah perasaan perempuan menggunakan jenis bunga yang sama yaitu bunga gerbera karena warnanya yang beragam, dimana masing-masing warna pada bunga tersebut mempunyai arti atau makna tentang sebuah perasaan. Pada karya ini, penggunaan potret diri sendiri sebagai objek penciptaannya atau biasa disebut dengan self-portrait, penggunaan self-portrait sendiri adalah karena untuk menggambarkan sebuah perasaan yang telah dialami pencipta karya sebagai seorang perempuan. Dalam penciptaan karya ini, scanography dan embroidery digunakan sebagai medium penampung berekspresi. Visual yang dihasilkan dari teknik scanography adalah memperlihatkan keindahan dari bunga-bunga yang akan mempresentasikan sebagai sebuah perasaan seorang perempuan. Dan penambahan teknik embroidery adalah untuk menambah tampilan atau media pada fotografi mix media untuk menghadirkan efek timbul pada karya tersebut. Fotografi bukan hanya menangkap peristiwa melalui kamera, tetapi juga bisa menggunakan alternatif lainnya. Memotret tanpa menggunakan kamera, yakni melalui teknik scanography, digunakan untuk membentuk sebuah imajinasi melalui sebuah bunga.
Downloads
References
Saija, R. (2019). Buku Ajar Hukum Perdata Internasional. Yogyakarta: Deepublish.
Septrianto, Chrisna Bayu, 2017. Refleksi Memori Pengalaman Pribadi Kontradiksi menjadi Energi Berkesenian. (Tesis Magister, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=35450&keywords=#gsc.tab=0
Santosa, Angga Yuniar, 2014. Merekam sisi gelap pada dualisme sifat perempuan. (Tesis Magister, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://digilib.isi.ac.id/371/
Thomas, Nicolson Roxi, 2016. Selfie. (Tesis Magister, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://lib.pasca.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3946&keywords=
Lukistyawan, Purwastya Pratmajaya Adi, 2013. Fotografi Ekspresi: Bermain di Kebun Imajiner. (Tesis Magister, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=26525#gsc.tab=0
Anindya, Benedicta, 2019. Memoar Sepatu, Cetakan Realitas di Antara Sumur, Dapur dan Kasur. (Tesis Magister, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=40314#gsc.tab=0
Sulistiyani,Nanik, 2013. Kajian Semiotika Karya Karya Scanography Angki Purbandono. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/21337/1/Nanik%20Sulistiyani%2007206241008.pdf
Paramithasari, Galuh, 2019. Representasi Bunga dalam Fotografi Ekspresi, Ikonik Jurusan Seni dan Desain, (Skripsi Sarjana, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://digilib.isi.ac.id/1786/
Darwin, Charles, 1998. Ekspresi emosi pada manusia dan hewan , edisi ke-3 (ed. Ekman P.) London: Harper Collins; New York: Oxford University Press.
Susanto, Andreas Arie, 2017. Fotografi adalah Seni: Sanggahan terhadap Analisis Roger Scruton Mengenai Keabsahan Nilai Seni dari Sebuah Foto. Journal of Urban Society Art’s. Volume 4, Nomor 1.
Susanti, Ida, 2020. Eksplorasi Teknik Cetak Fotografi Old Print Sebagai Media Ekspresi. Jurnal Adat, Junal Seni, Desain, dan Budaya. Dewan Kesenian Tangerang Selatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Artika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.