Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Sarana Edukasi dan Dukungan Sosial Terhadap Penderita Skizofrenia

  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Samuel Indra Kristiawan Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Buku Ilustrasi, Edukasi, Gangguan Kejiwaan, Skizofrenia

Abstract

Gangguan kejiwaan dapat dapat dialami setiap orang dan mengakibatkan gangguan cara berpikir, merasa, perilaku dan interaksi. Skizofrenia adalah gangguan jiwa berat yang bersifat kronis. dimana penderita mengalami kesulitan untuk membedakan antara realita dan delusi atau waham maupun halusinasi yang dialami. Saat ini masih banyak yang belum memahami tentang skizofrenia, sehingga memerlukan media untuk mengenalkan atau mengedukasi tentang skizofrenia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan media edukasi akan pentingnya dukungan sosial terhadap penderita skizofrenia berupa buku ilustrasi yang ditujukan kepada kalangan remaja hingga dewasa. Tujuan karya ini adalah agar mereka sebagai orang terdekat dapat memahami apa itu skizofrenia dan bagaimana menanganinya. Proses perancangan dimulai dari riset data melalui wawancara dengan seorang psikiater. Selain itu juga melalui observasi terhadap salah satu penderita. Pengumpulan data sekunder didapatkan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal dan artikel. Proses pembuatan karya dimulai dari penyusunan materi buku, desain karakter, sketsa, layout. Hingga dihasilkan karya berupa buku ilustrasi berisi 60 halaman sebagai media utama. Melalui perancangan buku ilustrasi ini diharapkan kalangan remaja dan dewasa dapat lebih memahami skizofrenia dan penangannanya, sehingga memberikan dampak positif bagi penderita untuk bisa berfungsi dengan baik dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Cullen, K. 2005. Layout Workbook: A Real-world Guide to Building Pages in Graphic Design. Amerika Serikat: Rockport Publishers.

Cholilawati. (2021). Teori Warna - Penerapan Dalam Fashion. Bandung: Panca Terra Firma.

Kusnadi. (2018). Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Andi Publisher.

Sitawati, Andini. D., Fithriyah, I., Karimah, A., & M, Z. K. (2022). Mendampingi Orang Dengan Skizofrenia. Jawa Timur: Airlangga University Press.

Wenny, Windy Freska. B. P. (2022). Caregiver pada Klien Skizofrenia. Bantul: CV. Mitra Edukasi Negeri.

Wulandari, Ika Subekti. 2022. Triage Pada Gangguan Jiwa. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA.

Yudhantara, D. S., & Istiqomah, R. (2018). Sinopsis Skizofrenia. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Yunita, R., Iin. A. I, & Widdya A. (2020). Buku Ajar Psikoterapi Self Help Group Pada Keluarga Pasien Skizofrenia. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Published
2024-07-29
Section
Articles