Instagram Sebagai Media Promosi Minuman Herbal ‘Senja Herbs’ Surabaya

  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Universitas Negeri Surabaya
  • Muh. Ro’is Abidin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Senja Herbs, Instagram, Media Promosi

Abstract

Sulitnya memasarkan hasil produk hingga menurunnya omzet penjualan menjadi salah satu dampak yang dirasakan oleh pelaku UKM di masa setelah pandemi. Senja Herb merupakan salah satu UKM minuman herbal di Surabaya yang didirikan sejak tahun 2020 serta memiliki potensi dan prospek sangat bagus jika terus dikembangkan. Namun saat ini usahanya tergolong stagnan atau belum berkembang secara optimal karena kurangnya strategi serta media pemasaran yang digunakan. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan perancangan media promosi berbasis online sebagai solusi pada UKM Senja Herb. Perancangan ini bertujuan untuk membangun citra produk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas serta meningkatkan penjualan. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dan perancangan media promosi dengan pendekatan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dapat diterapkan secara prosedural. Menggunakan gaya visual modern dan minimalis untuk menjangkau target audiens. Hasil yang diperoleh berupa desain logo baru yang kemudian diimplementasikan pada label kemasan botol sebanyak 4 varian rasa, foto produk untuk Instagram, dan penerapan tagar pada Instagram story sehingga bisa diposting ulang. Dari promosi yang diunggah melalui Instagram, nampak adanya peningkatan penjualan. Dengan pengembangan media ini, diharapkan Senja Herbs bisa mempertahankan sekaligus mengembangankan media promosi untuk keberlangsungan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Raihan Nuari. 2018. Pentingnya Usaha Kecil Menengah (UKM) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Hal 3.

Arora, S., Bansal, C., Kandpal, R., Aswani, Y., and Dwivedi, Y. 2019. “Measuring Social Media Influencer Index- Insights from Facebook, Twitter and Instagram,” Journal of Retailing and Consumer Services, vol. 49, no. January, Hal 86–101. doi: 10.1016/j.jretconser.2019.03.012.

Arum Wahyuni Purbohastuti. 2017. “Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi”, Ekonomika, vol. 12, no. 2, Oktober 2017, Hal 212–231.

Atmoko, D. Bambang. 2018. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Clara, M., & Siti, D. 2022. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo”, Barik, vol. 3, no. 1, Hal 1473–1478.

Kaplan, M., and Haenlein, M. 2009. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media,” Business Horizons, vol. 53, no. 1, Hal 59–68. doi: 10.1016/j.bushor.2009.09.003.

Kurnianto, Y. T. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Pemasaran Minimuman di Banjarbaru,” Ilmu Komunikasi, Hal 8. Diakses dari https://eprints.uniska-bjm.ac.id/.

Matthew Sugiarto. 2018. Instagram Marketing. Jakarta Selatan: PT. Pengembang Lintas Pengetahuan.

Megadini, R. 2021. “Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya,” Barik, vol. 3, no. 1, Hal 69–81.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, S., & Arianti, R. K. 2014. “Persepsi National Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Ekspor Ke Jepang Dan Australia,” Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, vol. 8, no. 2, Hal 183–208.

Saputra, A. I. 2013. Perancangan Media Promosi Denaro Pizza Dan Resto Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Utomo, T. P. 2022. “Optimalisasi Media Sosial Untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Buletin Perpustakaan, vol. 5, no. 1, Hal 99–133. Diakses dari https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/24369.

Yudhistira. 2023. 7 Contoh Media Promosi yang Efektif untuk Pemasaran Bisnis. Diakses pada 2 Februari 2023 dari https://www.bhinneka.com/blog/contoh-media-promosi-adalah/.

Published
2024-07-29
Section
Articles