Penerapan Optimasi Media Sosial Twitter Pada Website Penjualan Online Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

  • Yulinda Nurhafina Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur
  • Wahyudi Agustiono Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur
  • Yoga Dwitya Pramudita Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur
Keywords: Social Media Optimization, Twitter, Website, Batik Madura

Abstract

Saat ini banyak perusahaan termasuk pengusaha batik di Madura telah memanfaatkan internet sebagai media pemasaran agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan area yang lebih luas. Hal ini karena internet memiliki kemampuan dalam diseminasi informasi kepada penggunanya secara cepat, murah, dan interaktif tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Namun demikian, para pengusaha umumnya hanya mengandalkan website di dalam melakukan internet marketing ini. Akibatnya tidak jarang meskipun sudah memiliki website, para pengusaha batik di Madura sering kesulitan mendapatkan calon pembeli yang pada akhirnya akan menurunkan pendapatan. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan popularitas website yaitu dengan menerapkan teknik Social Media Optimization (SMO). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode SMO dengan memanfaatkan media sosial Twitter pada website penjualan online batik Madura untuk meningkatkan trafik pengunjung. Pada penelitian ini, SMO diterapkan, diuji, dan diukur nilai signifikansinya untuk mengetahui pengaruh trafik pengunjung terhadap website penjualan online batik Madura. Dari hasil pengujian yang telah diterapkan, pengunjung mengalami peningkatan yang signifikan di bulan kedua. Dilihat berdasarkan uji nilai t menggunakan paired t-test dimana korelasi antara sebelum dan sesudah dioptimasi sebesar 2%, dan t hitung 3,548 > t tabel 1,697 dengan nilai signifikansi 0,001 < alfa 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima atau hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode SMO menggunakan Twitter dapat mempengaruhi peningkatan pengunjung meskipun dengan hasil yang ringkas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kiang, M.Y., Santanam, R., & Shang, K.H.M. (2000). Marketing on the Internet - who can benefit from an online marketing approach? Decision Support Systems, Vol. 27(4), pp. 383-393. DOI: 10.1016/S0167-9236(99)00062-7

Kshetri, N. (2012). Privacy and Security Aspects of Social Media: Institutional and Technological Environment. The Pacific Asia Journal of the Association for Information Systems, Vol. 3(4), pp. 1-20. DOI: 10.17705/1pais.03401

Kemp, S. (2017). Digital in 2017 Global Overview: a Collection of Internet, Social Media, and Mobile Data From Around the World [PowerPoint Slides].

Fichter, D. (2007). How Social is Your Web Site? Top Five Tips for Social Media Optimization. Online, Vol. 31(3), pp. 57-60.

Lukito, R.B., Lukito, C. & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. Vol. 5(2), pp. 1050-1058.

Hernawati, K. (2009). Optimalisasi SEO (Search Engine Optimizer) Sebagai Upaya Meningkatkan Unsur Visibility Dalam Webometric. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009.

Achmady, S. & Irawan, B. (2014). Analysis Teknik Search Engine Optimization pada Website terhadap Search Engine Results Page Google. International Journal of Science, Vol. 10, pp. 15-30.

Sahai, S., Goel, R., Malik, P., Krishnan, C., Singh, G. & Bajpai, C. (2018). Role of Social Media Optimization in Digital Marketing with Special Reference to Trupay. International Journal of Engineering & Technology, Vol. 7(2.11), pp. 52-57.

Xiang, Z. & Gretzel, U. (2010). Role of Social Media in Online Travel Information Search. Tourism Management, Vol. 31(2), pp. 179-188.

Ballings, M., Van den Poel, D. & Bogaert, M. (2016). Social Media Optimization: Identifying an Optimal Strategy for Increasing Network Size on Facebook. Omega, Vol. 59, pp. 15-25.

Rossmann, D. & Young, S.W. (2015). Social Media Optimization: Making Library Content Shareable and Engaging. Library Hi Tech, Vol. 33(4), pp. 526-544.

Jiménez, A.B. (2011). Social Media Optimization. Implementation in SME’s Websites of the" Parque Tecnológico de Andalucía" [Disertasi].

Troudi, A., Zayani, C.A., Jamoussi, S. & Amor, I.A.B. (2018). A New Mashup Based Method for Event Detection from Social Media. Information Systems Frontiers, Vol. 20(5), pp. 981-92.

Rizal, V.Z. & Lubis, E.E. (2014). Pengaruh Social Media Marketing Twitter Terhadap Terbentuknya Brand Image Restoran Burger Gaboh Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 1(2), pp. 1-15.

Crymble, A. (2010). An Analysis of Twitter and Facebook Use by The Archival Community. The Journal of The Association of Canadian Archivists. pp. 125-151.

Buinac, E.R. & Lundberg, J. (2015). Instagram as a Marketing Tool: a Case Study About How Companies Communicate Their Brands on Social Media [Thesis].

Hindratmo, A. & Riyanto, O.A.W. (2019). Enhancing Capability of Tanjung Bumi Batik Sales Bangkalan Madura. Kontribusia (Research Dissemination for Community Development), Vol. 2(1), pp. 4-8.

Published
2020-07-13
How to Cite
Nurhafina, Y., Agustiono, W., & Pramudita, Y. D. (2020). Penerapan Optimasi Media Sosial Twitter Pada Website Penjualan Online Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Teknika, 9(1), 16-24. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i1.257
Section
Articles